English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DANAU INDAH INDONESIA

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.Di Indonesia, Ada 98 Danau. Artikel kali ini membahas 10 Danau indah yang ada di indonesia, berikut 10 Danau tersebut :

1.   DANAU KAWAH IJEN


Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

 
 


Karena proses letusan gunung Ijen, kawah tersebut dipenuhi oleh air sehingga terbentuklah danau kawah yang sangat indah dan menakjubkan. Danau kawah dengan airnya yang berwarna hijau toska . Di sebelah tenggara danau terdapat lapangan solfatara yang merupakan dinding danau Kawah Ijen dan di bagian barat terdapat Dam Kawah Ijen yang merupakan hulu dari Kali Banyupait. 


2.    DANAU TOBA


Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.



Danau Toba merupakan sebuah gunung yang sangat besar, namun meletus pada 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusannya yang dahsyat membuat abu vulkanik terbang dan menutupi separuh bumi. Danau Toba telah menjadi tempat tujuan wisata andalan bagi Sumatera Utara.
 

3.   DANAU SENTANI



Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.

 

 Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti "di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898. 

 
 
Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau, sebagai pelengkap di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di danau sentani.


4.   DANAU TONDANO


Danau Tondano adalah danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Danau ini dilingkari dengan jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, pior/kabos, payangka wiko (udang kecil), nikesepat siang(arwana),tawes,pongkor,bontayan,lobster hitam,guramekupu-kupu,karper.


 Luas danau ini 4.278ha, dan terdapat pulau kecil bernama Likri (depan desa Tandengan kecamatan Eris) dan pulau papalembet depat toulumembet. Di tepi Danau Tondano terlihat jelas Gunung Kaweng. Konon danau ini terjadi karena letusan yang dahsyat karena ada kisah sepasang insan manusia yang berlainan jenis melanggar larangan orang tua untuk kawin (bahasa Minahasa: kaweng) dengan nekat lari (tumingkas) di hutan. Sebagai akibat melanggar nasihat orang tua maka meletuslah kembaran gunung kaweng tersebut sehingga menjadi danau Tondano.


5.    DANAU MANINJAU


Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.



 Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding.


6.   DANAU POSO


Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini terletak pada ketinggian 657 m.

 

Danau Poso merupakan salah satu Danau terindah di dunia dengan Pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di Dasar Danau. Danau poso terletak di Kecamatan Pamona Utara dengan ibu kota Tentena.


 7.   DANAU KAWAH PUTIH


 Danau Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha di kawasan Bandung Selatan, propinsi Jawa Barat.  Diberi nama kawah putih karena kawasan tersebut hampir semuanya tertutup oleh warna putih dari permukaan air danau maupun oleh asap  belerang yang menyebar di daerah tersebut. 




Pemandangan danau Kawah Putih begitu Indah meskipun air nya beracun karena mengandung asam akibat dari aktivitas vulkanik di dasar danau. Di pertengahan abat 20 belerang di dasar danau ini pernah di tambang tapi kini sudah dihentikan.


 8.   DANAU  BATUR


Danau Batur merupakan kawah Gunung Batur di Pulau Bali. Dan menjadi danau kawah terbesar di pulau Bali. Gunung Batur sendiri masih merupakan gunung api aktif. di sekitar danau batur terdapat pemukiman penduduk, ada dua kampung yang berdekatan dengan danau Batur masing masing Desa Kedisan dan Desa Toya Bungkah. 


 


Puncak strato gunung Batur memberikan  pemandangan indah di latar belakang Danau Batur, ditambah dengan lokasi pemandian air panas dan bangunan Pura milik masyarakat setempat menambah keindahan pesona Danau Batur.


9.   DANAU GUNUNG TUJUH


Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.


 Danau Gunung Tujuh juga merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.



 Sesuai namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Di beberapa gunung ini terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis.


10.  DANAU SEGARA ANAK



Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat,Indonesia. Nama Segara Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut.



 Air panas segara anak dipakai oleh para pengunjung untuk terapi kulit. Danau seluas 11 kilometer persegi ini sepertinya menjadi danau kawah gunung api terluas di Bumi. Di dalam danau ini hidup berbagai jenis ikan, sedangkan di tengah danau muncul gunung api kecil yang masih aktif dan oleh masyarakat setempat disebut sebagai gunung Barujari yang setiap saat tumbuh semakin besar dan tinggi.



Demikian 10 Danau Indah Indonesia, Itu semua Karena Tuhan, yang memberikan keindahan di negara Indonesia. Kita harus menjaga dan mensyukuri bahwa kehidupan ini begitu indah.
Description: DANAU INDAH INDONESIA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: DANAU INDAH INDONESIA
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Sabtu, Januari 12, 2013

47 komentar :

  1. danaunya indah sekali sobat
    trims sudah berbagi

    BalasHapus
  2. harus digalakkan lagi pariwisata di daerah tersebut agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat...

    BalasHapus
  3. kekayaan alam dan keindahan alam indonesia memang layak dibanggakan

    BalasHapus
  4. berkunjung untuk sahabtku, selamat malam

    BalasHapus
  5. Dari 10 danau yang disebutkan diatas... cuma 1 yang pernah saya kunjungi.. danau kawah ijen.. yg lainnya kapan yaaa...

    BalasHapus
  6. banyak juga potensi yg di miliki negara kita.

    BalasHapus
  7. Salam blogger, nice info :)
    jngn lupa follback google+ & google friend ny y :)

    BalasHapus
  8. Indonesia betul2 kaya akan keindahan alam....

    BalasHapus
  9. Yang sudah dikunjungi baru Danau Kawah Putih. Ingin sekali bisa melihat semuanya dari dekat.

    BalasHapus
  10. i love the blue of indonesia feels like magic in the air hehehe =) makasih udah follo keep in touch

    BalasHapus
  11. Indah sungguh danau2 Indonesia.

    BalasHapus
  12. I'm addicted for scenarios like this are really impressive and amazing, nice weekend dear friend from beautiful Indonesia

    BalasHapus
  13. cantiknya.. nampak mcm kecik tapi kalau berada di sana nampak luas kan

    BalasHapus
  14. Wow...indah skali...chinese new year may b sampai di indonesia..isyaallah...mau skodeng indonesia jap..hehe...

    BalasHapus
  15. Subhanallah, Maha Karya Sang Pencipta. Nikmat yang harus brsama qta syukuri dengan turut mnjg dan mlestarikanx.

    *Habis renofasi rmh ni (Ganti template mksdx)?

    BalasHapus
  16. indonesia?? bener indah banget :) .

    BalasHapus
  17. berkunjung teman...amazing sob,,memang indonesia kaya akan keindahan alam nya..nice post sob,,kunjung blk ditunggu teman http://saktobek.blogspot.com

    BalasHapus
  18. berkunjung juga
    ashare-xp.blogspot.com

    BalasHapus
  19. MasyaAllah, indah banget soB. Danau Maninjau terlihat elok dengan rumah khas padang. Di poso ternyata jg ada danau seindah itu. Semoga disana damai-damai aja sedamai danaunya soB.Amin

    BalasHapus
  20. Danau-danau di Indonesia memang indah-indah sekali ya sob...trimakasih infonya sob...salam..

    BalasHapus
  21. danaunya indah, jadi kepengen kesana... bisa ga ya ???

    BalasHapus
  22. Tidak mampu untuk berkata apa-apa... Subhanallah... Cantiknya... Saya rasa saya sudah tertarik dengan Danau Kawah Putih... Tertanya-tanya bagaimanakah putihnya air danau tersebut jika dilihat dengan mata sendiri... :)

    BalasHapus
  23. Dari kesepuluh danau di atas, yang pernah saya kunjungi langsung hanya 2 ; danau toba dan kawah putih. Pengen juga kapan-kapan berpetualang di danau-danau lainnya! :)

    BalasHapus
  24. kereeeeeeeeeeeeeeenn..

    perasaan aku udah komen sini :D .

    BalasHapus
  25. Assalammualaikum.. subhanallah! cntiknya tmpat2 ne.. smua ne kat indon ke?? xsabar nak ke indon! ^_^

    BalasHapus
  26. Danau ini memang benbar^ sangat indah sekali kawan
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  27. Saya juga suka danau...
    indah sekali :)

    BalasHapus
  28. wah mantap keanekaragaman indonesia ya :)

    BalasHapus
  29. danau nya pada indah semua.
    cuma baru ke danau toba nya aja. pingin ke danau-danau lainnya :)

    BalasHapus
  30. danau segara anak kaka saya pernah kesitu bang, seru walaupun cuma denger ceritanya doand..

    BalasHapus
  31. What a nice blog...
    ayo bertukar link dan jadi temanku?
    ^_^

    BalasHapus
  32. BAGI TEMAN-TEMAN YANG SELALU KALAH DALAM PERMAINAN TOGEL DAN INGIN MERASAKAN YANG NAMANYA KEMENANGAN SILAHKAN HUBUNGI MBAH JAKA DI 082 322 214 909 JANGAN ANDA RAGU UNTUK MENCOBA DULU DAN YANG PENTING KITA BERANI MELANGKAH KARNA KITA CUMA MANUSIA BIASA YANG HANYA MAMPU BERUSAHA DAN BERDOA,INGAT SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN MENDAPATKANNYA DAN ALLAH TIDAK MERUBAH NASIB KITA KALAU BUKAN KITA SENDIRI YANG MERUBAHNYA…KALAU KITA BERSUNGGUH-SUNGGUH DAN NIAT KITA BAIK INSYA ALLAH OTOMATIS HASILNYA KITA AKAN RASAKAN SENDIRI,KARNA SAYA SENDIRI SUDAH MERASAKANNYA DAN SUDAH MELIHAT BUKTINYA KALAU ANKA DARI HASIL RITUAL DARI MBAH JAKA BISA MEMBAWA SAYA JAUH LEBIH SUKSES DARI SEBELUMNYA DAN SILAHKAN ANDA MEMBUKTIKAN SENDIRI.@penyuluh perikanan

    BalasHapus
  33. wuih,. dari poto nya saja udah jadi pengen cepet kesana. memang Indonesia keren banget. bangga jadi orang Indonesia.

    BalasHapus
  34. terimakasih atas info nya
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  35. mampir yuk ke danau poso........!!!

    BalasHapus
  36. thanks gan infonya sangat menarik dan bermanfaat
    share terus info lainnya senang berkunjung ke blog anda
    semoga sukses terus amiiin

    BalasHapus

  37. MERUBAH NASIB DI DUNIA PESUGIHAN
    Brawal ush sana-sini cri pesugihan, namun hsl nol , htg bnyak & ke2cewaan bertubi2, trakhir sy akses ke daerah jateng , lebih parah lagi, biaya ritual sdh sy serahkan tapi sy malah duduk diam dan menunggu dirumah kosong ( tdk bernuasa mistis ) siang sy dtmpt tsb, tdk ada yg sy lakukan, hny tgg dan menunggu terus, smp pd akhirnya ada org yg ckp lumayan tua dtg dan menyapa, dan bilang pd sy besok pg sy harus segera kembali ( plg kerumah ) krn ghoib/ jin nya berpesan seperti itu, rasa curiga sy tepiskan dan sy sdkt bertanya kpd bpk tsb, sy tdk melakukan apa2 ( ritual ) tapi knp sy besok disuruh plg? Tapi ya sudahlah sy ikuti semua aturan mainnya, kata bapak tsb yg mengaku juru kunci, ghoibnya sdh menunggu dirumah dan menanti kehadiran sy, pesan si bapak sy smp dirumah wjb siapkan tmpat khusus, krn ghoib tsb ingin bertemu dan melakukan hub sex, krn yg sy tuju nikah jin, alhasil sdh 1 bln tdk kunjung smp ghoib/jin dpt temuin sy, akhirnya sy coba redakan untuk berkutet keinginan dunia pesugihan dlm kurun wktu 1 bln, sy cb cri info mgkin sj, ada ptjuk yg sy dptkan, sy buka INTERNET PASUGIHAN TAMPA TUMBAL MANUSIA dan sy temukan pesugihan 1jam cair, , sy hub no 082 369 439 555 atas nama KY ARIF kmdian sy coba plajari, dan krm pesan sesuai yg diperintahkan KY ARIF! 2 jam sy dpt respon, ada percakapan dan diskusi , pd akhirnya dng uang yg tersisa sy pilih pesuigihan qorin ( tuyul putih ), bentuk padat dari tuyul qorin sy dpt lht dng jlz, sy berinteraksi dng full, sepasang sosok yg sngt lucu dan sdkt menyeramkan, sy puas dan senang , krn dari org yg membantu sy , tuyul bru dpt difungsikan saat diri melihat ghoib scr nyata ( bukan lwt mimpi / bayangan ) besoknya tepat jam 7 pg sy bw kepasar ramai penjunjung dan penjual, 1 hari sy minta tuyul tsb berikan sy uang 5 jt s/d 10 jt, hal ini terus dan terus berjalan dng baik, smp pd akhirnya stlah pengeluaran usha cri info pesugihan yg slama ini sy bnyak htg sdh tertutupi sy memelihara tuyul krn sy ingin mendapatkan uang yg jmlahya cpt dan nilainya ratusan juta, untuk org yg senasib dng saya .igin merubah nasib seperti saya silahkan >>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<
    Hub KY ARIF DI NO 082 369 439 555

    BalasHapus
  38. subhanalloh sungguh indah alam indonesia

    BalasHapus
  39. terimakasih atas informasinya
    nambah wawasan banget di tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  40. thanks info gan, kayanya pantas untuk di kunjungi itu.

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

    BalasHapus
  42. untuk menemani travelling, aleta.id menjual berbagai bahan produk kulit asli dan tentunya tetap nyaman di pakai dan di lihat. yuk order sekarang di https://aleta.id/ :)

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya