English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

10 Transportasi Tradisional indonesia

Zaman Modern saat ini, Semakin banyak ditemui berbagai transportasi Canggih di berbagai negara. Hal ini dilakukan agar masyarakat-nya nyaman menggunakan transportasi umum. 

Di indonesia pun demikian, Namun di indonesia, masih ketinggalan di banding negara-negara dunia lain yang telah canggih transportasi-nya. Walaupun demikian, Indonesia memiliki keistimewaan, karena transportasi umum indonesia masih tradisional dan langka, artikel kali ini membahas transportasi tradisional yang hanya ada di negara indonesia :


1.   DELMAN


 

Transportasi ini menggunakan Kuda sebagai penggeraknya, Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. 

Orang Belanda menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.



 Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado', Di propinsi indonesia lainnya, Delman memiliki nama seperti Andong, yang memiliki roda empat. Di Jakarta, penamaan andong disebut sebagai ebro yang diambil dari singkatan Eerste Bataviasche Rijtuig Onderneming yang berarti Perusahaan Kereta Pertama di Jakarta.


2.     BECAK


Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia . Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.


Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
  • Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
  • Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra.

3.   BENTOR


Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Motor yang digunakan adalah motor jenis bebek. Bentor sudah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah.








Bentor disenangi oleh masyarakat karena dapat sampai di tujuan dalam waktu yang singkat serta dapat dimuati oleh 2 orang tetapi sering juga terjadi diisi 3 orang bahkan sampai 5 orang dengan dua penumpang membonceng di belakang pengemudi.


4.    ANGKOT PADANG


Angkutan kota atau yang lebih dikenal dengan ANGKOT adalah sebuah moda transportasi perkotaan dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.

 



 ANGKOT PADANG adalah angkutan umum yang hanya ada di Sumatera barat, Angkot padang memiliki ciri khas yakni sopir angkot yang didominasi anak muda, memodifikasi angkotnya.

Suspensi diceperkan, ban racing, dan penuh dengan tempelan-tempelan serta memiliki sound audio yang sangat berkualitas. Tidak mengherankan jika Angkot adalah primadona Propinsi Sumatera Barat, tidak lengkap kalau berkunjung ke sumatera barat belum menaiki angkot padang. 


5.   OJEG 


Ojeg adalah transportasi umum yang ada di seluruh Indonesia yang berupa sepeda motor namun lebih lazim berupa sepeda motor.  Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan abang ojeg terlebih dahulu setelah itu abang ojeg akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. 



Ojeg ada di seluruh Indonesia Karena kelebihannya dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. Biasanya ojeg berada di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan permukiman.


6.    PEDATI

 

Pedati adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut orang, maupun mengangkut barang-barang. Pedati dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu. Pedati umumnya ada di wilayah pedesaan indonesia.


7.    BECAK MOTOR



Becak mesin adalah istilah yang digunakan di Sumatera utara untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda transportasi yang sangat populer di sumatera utara untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service).


8.    CIDOMO


Cidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa Perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya.


 Sampai saat ini alat transportasi ini masih menjadi sarana utama transportasi terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.


9.    DOKAR YOGYA


Dokar  merupakan salah satu alat transportasi tradisional. Dokar berbeda dengan andong. Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik oleh satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.



 Keberadaan dokar sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro yogya.


10.   OJEK SEPEDA



Ojek sepeda, adalah primadona transportasi indonesia sejak tahun tujuh puluhan. Dahulu transportasi yang satu ini digunakan sebagai alat transportasi utama, tapi di era milenium seperti saat ini mulai dilupakan.

Untuk saat ini, transportasi yang unik dan jarang ditemukan, dapat di nikmati di Terminal Tanjung Priuk atau di perempatan Stasiun KA Jakarta Kota (Beos) serta kawasan gang-gang sempit di indonesia.



Demikian 10 Transportasi tradisional indonesia
                         Semoga menambah pengetahuan kita bersama
Description: 10 Transportasi Tradisional indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: 10 Transportasi Tradisional indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Januari 08, 2013

24 komentar :

  1. Angkot padangnya keren OM. Itu yg lagi pada duduk di becak kalau gk salah rombongan turis dari Inggris ya Om? Kalau pedati sih sudah langka di daerah2, pi saya pernah melihatnya kemarin pas waktu di jogja, itupun pas ada acara gitu pedatinya pada keluar untuk dipamerkan.hehe

    BalasHapus
  2. makasi pak hendrik komen nya, ow ya pak, itu turis inggris, ya pak transportasi indonesia unik dan harus di lestarikan, walaupun kuno tapi langka. saya bangga saja tinggal di indonesia, beraneka ragam ada di indonesia, biar negara lain tahu , indonesia negara yang hebat

    BalasHapus
  3. wah ada becak motor, sebagai orang sumatera aku kangen banget mo naikin becak motor, artikelmu membuat nostalgia kembali, apa lagi becak, udah jarang ditemui sekarang

    BalasHapus
  4. makasi mbak komen nya, asli mbak, saya saja ketagihan naik becak,, beda aja rasanya kalo naik becak, rasa nasionalisme muncul, hehee

    BalasHapus
  5. mmemang tranportasi yng mulai di lupakan adalah delman aduh paling susah kakau duduk di depan tyus kudanya buang gas hadew baunya minta ampun

    BalasHapus
  6. Biarpun tradisional tetap saja antik sobat
    trims sudash berbagi

    BalasHapus
  7. perlu lagi di lestarikan tuh bang...
    jangan sama nasibnya kya opelet dulu hehe... :)

    BalasHapus
  8. waaah keren emang, tapi sekarang malah dikota besar uda dininaktifkan bahkan ada yang dilarang..

    hmmm..
    prihatin

    BalasHapus
  9. Bentornya keren amat
    trus ankot padangnya jga mantaf abis modifnya dah kaya mobil balap :D

    BalasHapus
  10. Jalan-jalan sore.
    sambil lihat-lihat yg ada..

    BalasHapus
  11. dari transportasi yg mantep hingga yg kikuk,, jhehe.. bermanfaat.. :P

    BalasHapus
  12. BLOG SOBAT UDAH ANE FOLLOW YG KE 158
    ANE TUNGGU FOLLBACK NYA
    >>http://munsypedia.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. Angkot dari Padang emang sangat keren :D

    BalasHapus
  14. BENTOR yg paling unik dan keren..

    Jaya Indonesia Ku

    BalasHapus
  15. wah, jadi tau alat2 transportasi tradisional Indonesia sob, yaitu Bentor dan Cidomo, makasih sobat

    BalasHapus
  16. ada yg lupa om....
    labi labi di aceh....

    BalasHapus
  17. cidohttps://www.google.com/recaptcha/api/image?c=03AHJ_Vuut5KED5tqNh08GziCI-ThhBe_pY033MeW9nCM-LPlzlhrjjA2_k3U46CJ6qZVHKaX5OM7YEfaAlwaY9HNkBUD3bja60gKkjN7YGTclp3jYEzLrBv_5L7zHj7DhKmENh0yDrHTurzJ5DY5m-buzqX0L6jM0M8Sdad57U34Vye2XF8Q1qdMmo sama delman beda ya .

    BalasHapus
  18. elman aduh paling susah kakau duduk di depan tyus kudanya buang gas hadew baunya minta ampun

    BalasHapus
  19. angkotnya bagus2 semua ya,, belom ada yang lecet.. tapi kayaknya bentor asikk tuhh :D

    BalasHapus
  20. Memanglah, transportasi-transportasi di Indonesia terbilang sederhana, tapi sangat menarik menurut saya! Btw, yang bentor itu asli saya belum pernah tahu loh.

    Yang paling gokil menurut saya angkot padang itu. Bujug, itu angkot nya kyknya hasil modif'an dari need for speed ya! Keren gitu bumper nya! Hahaha :)

    BalasHapus
  21. Indonesia emang top~
    suka sama Bentor.. pengen coba

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Share It