English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

PATUNG INDAH INDONESIA

Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin. Karenanya, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan lama dan sering kali mahal, terutama dari perunggu dan batu seperti marmer, kapur, dan granit.

Artikel ini membahas patung-patung indah yang ada di Indonesia :


1. Jalesveva Jayamahe





Monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di ujung Utara Surabaya merupakan patung dengan sosok Perwira TNI Angkatan Laut. 



Kata Jalesveva Jayamahe itu sendiri merupakan semboyan dari TNI-AL yang memilki arti di laut kita jaya. Ketinggian keseluruhan monumen ini mencapai 60,6 m.


2.  PATUNG BUDDHA TIDUR



Patung dengan warna keemasan dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter setinggi 4,5 meter ini dibuat oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993, dan terbuat dari beton yang dipahat perajin patung asal Trowulan. Setiap harinya ada sekitar 20 biksu dan biksuni selalu setia membersihkan patung Buddha tersebut. Jika kondisi cat terlihat kusam, maka sesegera mungkin patung tersebut dicat kembali.




Menurut ceritanya, patung Buddha Tidur ini menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama dan dibangun di atas kolam air melambangkan abunya dibuang ke laut. Patung menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Di sekeliling bawah patung juga terdapat relief-relief yang menceritakan tentang Budha itu sendiri.


3.  PATUNG GARUDA WISNU KENCANA


 Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.

 

 Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter.


4.  PATUNG TUHAN YESUS MEMBERKATI



Patung Tuhan Yesus Memberkati merupakan salah satu karya seni religius dari Ir. Ciputra untuk tanah kelahirannya. Patung ini didirikan di atas kavling terbaik di kawasan perumahan CitraLand Manado yang dapat melihat langsung pemandangan terindah dari Kota Manado, Pulau Manado Tua, Bunaken & Gunung Klabat.

5.  PATUNG GATOTKACA


 Patung Gatotkaca yang megah ini dibangun pada tahun 1993 di tengah-tengah simpang tiga di sebelah timur laut Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Tuban.  Diambil dari cerita Mahabarata, dimana dalam cerita tersebut Gatotkaca dikisahkan sebagai ksatria yang gagah perkasa dan pemberani, anak dari Bimasena, salah satu dari ksatria Panca Pandawa. 

Ia dikenal sebagai ksatria yang ahli terbang dan bertanggungjawab pada pertahanan udara serta memberi perlindungan bagi keselamatan kerajaan Pandawa.

6. Patung Dewi Kwan Im



Patung Dewi Kwan Im ini merupakan Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia dengan tinggi 22,8 meter. Patung ini terletak di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Patung Kwan Im di Siantar ini selesai dibangun dalam waktu tiga tahun dan diresmikan pada 15 November 2005. Patung setinggi 22,8 meter ini dipesan langsung dari RRC dan dibuat dari batu granit.


7.   SURA DAN BAYA




 Patung Sura dan Buaya  adalah sebuah patung yang merupakan lambang Kota Surabaya. Patung ini berada di depan Kebun Binatang Surabaya. Patung ini terdiri atas dua hewan ini yang menjadi inspirasi nama kota Surabaya: ikan sura dan buaya.


8.   PATUNG BUNDA MARIA 



 Patung yang diresmikan pada tahun 2005 ini dibuat oleh seorang pematung asal maumere, pengerjaannya sendiri dilakukan di Jakarta. Ketika selesai pembuatan, patung itu dibawa ke Maumere dengan menjadi beberapa bagian, kemudian dirangkai di lokasi. 





 Lokasinya terletak di Nilo, Kabupaten Sikka, Flores. Gambaran awan dan siluet objek patung Maria Bunda , yang tegak berdiri diatas bukit serta beralaskan pepohonan hijau. Tinggi patung sekitar 18 meter. Belum termasuk fondasinya yang setinggi 28 meter. Beratnya sekitar 6 ton.


9.    PATUNG SELAMAT DATANG 




 Patung ini terletak didepan gedung Hotel Indonesia dimana berdiri persis diatas air mancur bundaran HI. Patung perunggu ini dibuat oleh Edhi Sunarso, dan dirancang oleh Henk Ngantung mantan Gubernur Jakarta. 

 Sesuai dengan namanya, patung ini berdiri untuk memberikan selamat datang untuk para pendatang karena memang patung ini menghadap ke arah Kota (Utara) sebagai pusat bisnis, perdagangan dan pendatang dari pelabuhan waktu itu. 




 Di permukaan patung, memiliki lima formasi Air Mancur yang dijadikan simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila.

lima formasi air mancur juga memiliki arti dari tanda memberi salam kepada kota Jakarta sebagai kota Ibu Negara dan Kota Metropolitan dengan formasi ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Petang, Selamat Malam dan Selamat Hari Minggu. 


10.   PATUNG ARJUNA WIJAYA 




Patung Arjuna Wijaya di bangun Agustus 1987 , Patung ini menggambarkan Arjuna dalam perang Baratayudha yang kereta perangnya dikemudikan oleh Batara Kresna. Kereta ditarik delapan kuda, yang melambangkan delapan ajaran kehidupan. 




Asta Brata itu meliputi falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung itu terdapat prasasti yang bertuliskan ‘Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir.’



Demikian, Artikel patung indah indonesia, Di indonesia, ada banyak Patung
dapat kita jumpai, namun hanya 10 saja yang admin tampilkan, Patung tidak hanya memperindah  suatu tempat tapi juga ada makna sejarah dalam pembuatan sebuah patung. Ingat, blog ini bersifat universal membahas indonesia, jangan sangkut pautkan dengan agama.



Description: PATUNG INDAH INDONESIA Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: PATUNG INDAH INDONESIA
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Minggu, Januari 20, 2013

38 komentar :

  1. saya teringat dengan patung jales veva jaya mahe, dan itu merupakan semboyan para pelaut utk tetap semangat dilaut kita jaya demikian juga didarat
    terima kasih sudah berbagi kawan

    BalasHapus
  2. terima kasih pak, komentarnya. ya pak, saya dulu diajarkan ketika masih SD, masih ingat sampai sekarang. indonesia luar biasa.

    BalasHapus
  3. banyak patung yang belum saya ketahui sebelumnya gan..
    mantab postingannya,

    terus berkarya gan
    thanks ya udah berbagi

    BalasHapus
  4. patung tersebut merupakan aset bangsa..semoga terawat baik gan...salam..

    BalasHapus
  5. Di Semarang Juga ada Patung Pangeran Diponegoro yg sedang menunggangi kuda...
    Ternyata sungguh banyak patung monumen di Indonesia negeri kita tercinta

    BalasHapus
  6. Keren Nih Sob :D, Ni Ada Award Tolong Di Ambil ya http://galangkuatir.blogspot.com/2013/01/nesaba-site-dapat-sunshine-award.html

    BalasHapus
  7. Hebat. Baru tau kalau indonesia ada begitu banyak keistimewaan

    BalasHapus
  8. Hadir kembali dan nyimak lagi disini sahabatku, Semua patung ini desainnya sangat bagus dan merupakan kekayaan bangsa.
    sukses untuk Indonesia

    BalasHapus
  9. Ternyata patung lebih indah kalau dilihat melalui foto yah sob,

    BalasHapus
  10. Ada beberapa yang belum saya tahu dan baru liat di artikel ini soB. Ma kasih

    BalasHapus
  11. wah di malang juga ada patung buah apel sob

    BalasHapus
  12. Mantaf Patung-nya baru tahu ane yang sebagian ...patung wisnu ternyata udah di modif dan ada rumputnya yah ..,,hebat ...!!
    Salam dari animefun01.blogspot.com

    BalasHapus
  13. patung kerapan sapi dan patung rafles di surabaya belum ada.

    BalasHapus
  14. keren sobat saya jadi ingat tentang kisah mahabarata,,mksh 4share

    BalasHapus
  15. silaturahmi dan selamat malam sahabatku

    BalasHapus
  16. Share yg menarik, gan. Selamat pagi

    BalasHapus
  17. Waaaah Patung PANCORAN, Jakarta. ko gk ada yaaa.. Apa karena tidak indah.. ckckck

    Selalu sukses Gan.

    <'@II< ^_^ !! ^_^ !!

    BalasHapus
  18. nice artikel gan
    salam kenal :D

    BalasHapus
  19. siang mas yuk di ambil awrd nya http://rizaluye.blogspot.com/2013/01/award-ke-5-dari-sobat-yahya.html

    BalasHapus
  20. Wah menarik artikelnya. Ada Beberapa patung yang baru saya tahu hehe

    BalasHapus
  21. wah keren nih karya anak bangsa semua...

    BalasHapus
  22. selain mempunyai nilai seni tinngi..
    bisa menjadikan kebangaan juga buat kota atau daerah yang di tempatinya ya mas...

    BalasHapus
  23. mantap gan... kaya budaya bgt ya negara kita

    BalasHapus
  24. kebanyakan patungnya non muslim, yg muslim mana ni patungnya

    BalasHapus
  25. @prince of persia : maksudnya gimana, kan emang patung muslim nggak ada, kan dilarang buat patung, kecuali tokoh yang beragama muslim kali, salah tu anda, mangkanya di pikir2 dulu sebelum komentar.

    BalasHapus
  26. itu yang patung budha tidur deket banget ama rumah saya bang di trowulan cuma sekitar 500 meter dari rmh hehehe...

    BalasHapus
  27. Wah ternyata banyak patung besar di Indonesia yahh

    BalasHapus
  28. usul.. kasi alamat lengkapnya donk :)
    .

    BalasHapus
  29. waoww keren ya patung indonesia :D

    BalasHapus
  30. berkunjung selagi sempet OL sobat,,,

    BalasHapus
  31. ternyata di Indonesia banyak patung yang Indah.... terimakasih Infonya sob...

    BalasHapus
  32. Indonesia memang luar biasa. I love You Indonesia.

    BalasHapus
  33. Mudah-mudahan tetep lestari yah sob sepanjang msa...

    BalasHapus
  34. indonesia memang memiliki banyak budaya. dan patung patung bersejarah... tapi sayang banyak yg tidak mengetahuinya termasuk sayah.. thanks

    BalasHapus
  35. semangat pagi sobat,,apakabarnya?semoga sehat selalu
    makasih sudah berbagi pengetahuan

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Share It