English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

MUSEUM INDONESIA DENGAN DESAIN UNIK


Berkunjung ke museum kita bisa melihat hal-hal yang menarik bahkan arsitektur museum bisa sama menariknya dengan isi museum itu sendiri. Dengan desain arsitektur yang unik, museum jadi tidak membosankan dan bisa menarik banyak pengunjung setiap hari. Berikut beberapa museum dengan desain arsitektur yang unik di Indonesia :
  1. Museum Tsunami, Aceh



Museum tsunami terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda Banda Aceh. Museum Tsunami Aceh didirikan untuk mengenang kembali peristiwa tsunami yang menimpa Nanggroe Aceh Darussalam




Bangunan museum terlihat sangat artistik dan unik. Bentuk bangunan ini terkesan megah dengan tampak luar seperti kapal besar penyelamatan. Pada atap bangunan yang cukup tinggi dibuat sebagai taman dengan konsep escape hill yang dapat berfungsi sebagai tempat evakuasi dan menyelamatkan diri bila tsunami kembali datang. 



Bila dilihat dari angkasa, bangunan museum ini berbentuk angka enam dan sembilan yang saling mengikat.




2.   Museum Renon, Bali

   
Museum Renon atau bisa disebut Museum Perjuangan Rakyat Bali ini berisikan diorama dan foto-foto perkembangan sejarah Bali mulai dari jaman kerajaan, penjajahan Belanda, sampai pada masa kemerdekaan. 


Museum terletak di Lapangan Renon Denpasar ini berarsitektur unik, terbuat dari batu dan terdapat sebuah menara yang menjulang di tengah-tengahnya. 



Menara itu merupakan monumen perjuangan rakyat Bali. Arsitektur monumen ini sangat unik, mengambil bentuk Bajra atau Genta, peralatan yang digunakan oleh Pandita Hindu selama upacara keagamaan.


   3.  Museum Purna Bhakti Pertiwi, Jakarta


 Museum Purna Bhakti Pertiwi ini didirikan untuk mengenang sejarah hidup Suharto. Museum ini berisi penghargaan-penghargaan berbagai macam cenderamata dari para petinggi negara, politisi, dan kalangan pebisnis, yang diterima Presiden Suharto ketika masih menjabat sebagai Presiden RI. 


Bangunan museum ini sangat unik karena menyerupai bentuk nasi tumpeng. Ada kerucut utama di bagian tengah dengan kerucut yang lebih kecil mengelilinginya. Bentuk bangunannya yang unik serupa tumpeng mencerminkan falsafah orang Jawa saat melaksanakan syukuran atas pemberian Tuhan.





   4.  MUSEUM RUMAH ADAT BAANJUANG BUKITTINGGI
  

Museum Rumah Adat Baanjuang adalah museum tempat mengumpulkan benda-benda sejarah dan budaya ranah minang yang di dirikan seorang belanda yang bernama Mr. Mondelar Countrolleur.

Lokasinya Berada di area Kebun Binatang Marga Satwa dan Budaya Kinantan,
Kebanyakan koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang adalah kelompok etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan, dan sebagainya.


  5.  Museum Komodo, Jakarta



Museum Komodo terletak di TMII Jakarta. Museum Fauna Indonesia “Komodo” berisi pesona satwa langka dalam bentuk awetan seperti jenis-jenis binatang mamalia, reptilia lengkap dan lain-lain.



Disekitar gedung museum juga terdapat koleksi reptilia hidup. Arsitektur bangunan sangat unik seperti bentuk hewan komodo raksasa.

   6.   Museum Monumen Yogya Kembali




Museum Monumen Yogya Kembali, adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum yang berada di bagian utara kota ini banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata.



Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. 

 

 7.  Museum Sepuluh November, Surabaya

 

Museum Sepuluh November didirikan untuk mendukung keberadaan Tugu Pahlawan di Surabaya. Di museum ini terdapat rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan semangat perjuangan dan di museum ini juga terdapat beberapa diorama yang menggambarkan aksi kepahlawanan arek-arek Suroboyo


  Bentuk Museum 10 November terbilang unik, dari tampak luar bangunan utama berbentuk limas laksana piramid. Pada bagian tengah piramida ini terdapat patung yang menggambarkan tiga pemuda dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah.



  8.  Museum PP IPTEK, Jakarta

 

Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) terletak di kompleks Taman Mini Indonesia. Museum ini dilengkapi dengan demo sains dan juga para pengunjung bisa melakukan berbagai eksperimen sains menakjubkan di museum ini. 

Filosofi konsep desain bangunannya futuristic, menjelajah tanpa batas, dengan luas bangunan 24.000 m2 dan luas area 42.300 m2.




  9.  Museum Karst Dunia, Wonogiri

 

Museum KARST DUNIA terletak di tengah pegunungan Sewu, Wonogiri Jawa Tengah. Kawasan karst di Wonogiri dinilai memilik keistimewaan tersendiri. Yakni karstnya ada di permukaan dan ada yang di dalam. Sehingga kawasan Karst ini layak untuk dilengkapi dengan museum. 


Museum yang dibangun di Pracimantoro Wonogiri ini menggambarkan khasanah karst dengan keunikan goa-goa di Pracimantoro. Di dalam bangunan museum ini tersimpan banyak koleksi atau benda dan informasi yang berhubungan dengan karst. Bentuk Bangunan Museum Karst Pracimantoro ini unik seperti berbentuk piramida.




  10.  Museum Listrik dan Energi Baru, Jakarta


Museum Listrik dan Energi Baru (Museum LEB) terletak di TMII, Jakarta. Di Museum Listrik & Energi Baru, terdapat peragaan tentang para ahli yang menemukan listrik di dunia. 

Rancangan bangunannya mengacu pada konsep arsitektur berbentuk tapak “Struktur Atom”, yaitu satu proton dikelilingi tiga elektron, diaplikasikan dalam bentuk Anjungan Listrik yang dikelilingi tiga bangunan lain, yakni Anjungan Energi Baru, Anjungan Energi Fosil, dan Anjungan Energi Konvesional.



Indonesia memiliki banyak museum yang unik dan menarik selain dari yang ditulis di artikel ini. Dengan berkunjung ke museum semoga bisa menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat.
Description: MUSEUM INDONESIA DENGAN DESAIN UNIK Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: MUSEUM INDONESIA DENGAN DESAIN UNIK
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Sabtu, Januari 26, 2013

33 komentar :

  1. memang sangat unik sekali itu museum yg terpampang di poto ini, saya terus terang baru tahu ini sob, desainnya memang indah,..
    entah kapan-kapan pengin juga berkunjung yah kesana..hehe
    oke sobat,terima kasih sudah berbagi info.
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. aq setuju sm yg komen di atas. ternyata gedung2 di Indonesia jg banyak yg unik ya. aq pernah pergi yg di Bukittinggi, dan pernah baca juga tentang museum Tsunami. yg lain, br tau ni...
    thanks for this info dech...

    BalasHapus
  3. wow keren.. saya ijin copas ni ya.

    BalasHapus
  4. wah keren banget, musium2nya ada yang baru tau nich, tapi yang paling menarik sich pengen pergi musium rumah adat baanjuang bukit tinggi, sekalian pulang kampung hehhe :)

    BalasHapus
  5. baru tau saya klw di negara kita ada museum yg keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yah saya juga baru tau kalau di Indonesia ternyata banyak museum yang bagus :)

      Hapus
  6. trimakasih gan..menambah pengetahuan buat aku..slmt malam..

    BalasHapus
  7. bagus sekali posting ini, suka membacanya, menambah wawasan yg sangat bermanfaat. mksh sudah sharing hal ini, gan... :)

    BalasHapus
  8. wuihhhhhh,, emang keren tuh museum, bikin pengen jalan ksono aja neh

    BalasHapus
  9. wahhh mantab sob lengkap banget infonya :)
    happy blogging
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan boleh tuh mas maen ke museum saya hehe...

      Hapus
  10. unik dan kkeren sob museum nya,, salutt..

    BalasHapus
  11. saya suka baca infonya, menarik juga, comment balik yah

    BalasHapus
  12. saya lebih tertarik ke museum tsunami aceh gan

    BalasHapus
  13. woooow..... bentuk.ny unik2... indonesia kayaaaa... gk usah keliling dunia... cukup keliling indonesia... semuanya sudah bisa memuaskan mata... tapi.... apakah saya bisa melakukannya.... insya alloh... :)

    BalasHapus
  14. wah,,ane baru tahu gann
    nice info
    tapi museum aceh bagus euy :D

    BalasHapus
  15. wuiidiiih... museum di indonesia memang luar biasa...

    BalasHapus
  16. :D
    museum Demak kok g ada ya gan..

    BalasHapus
  17. wah mantap banget museum tsunami di aceh. . .

    BalasHapus
  18. Saya paling tertarik dengan museum tsunami aceh. Kalau gak salah, pembangunan museum ini menghabiskan sampai 140 milyar untuk pembangunan nya. Dan yang paling unik nya adalah terdapat miniatur ombak tsunami di museum ini. What a wonderful museum! Btw, jadi keinget film 'the impossible' yang mengangkat story tsunami 2004 kmren..hehehe sorry oot. :D

    BalasHapus
  19. nice artikel ,, oiya bos aku sudah datang langsung ke museum Tsunami banda atjeh desain memang bagus bnget ..dan pernah juga motret2 ..heheheh

    BalasHapus
  20. Jujur kayaknya saya tidak akan pernah tahu adanya museum-museum berkelas internasional di negara kita sendiri, jika tidak membaca artikel hebat ini. Bravo sobat, trims share-nya, sukses selalu.

    BalasHapus
  21. .: dari sekian banyak museum, hanya Monumen Yogya kembali yg ane pernah datangi...^_^

    BalasHapus
  22. Woww...keren2 banget museumnya ya!
    seandainya aja ane bisa ngunjungin semua museum ntu, wah seneng banget rasanya....

    BalasHapus
  23. Wah baru tahu nih ternyata di Indonesia banyak museum juga yah, bangunannya unik, kapan-kapan pengen masuk musium ah, terus isinya apa yah hehe...

    BalasHapus
  24. Assalam, selamat pagi.. Salam Perkenalan Teman.. Memang menarik binaan muzium- muzium tersebut.. Terima kasih kerana saya belum pernah melihatnya sebelum ini..

    BalasHapus
  25. keren mas,,,,
    indonesia memang kaya,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah ke salah satu museum d atas
      moga suatu saat nanti bisa k sana

      Hapus
  26. museum merapi juga ada gan.. kalo ditamahkan,,, :) yang akibat erupsi 2010 kemarin,,, :)

    BalasHapus
  27. Lama tidak jumpa Bang Dimas

    BalasHapus
  28. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini