English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Ciamis yang terletak sebelah timur jawa barat, tepatnya di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Selain dengan keindahan pantainya, paantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya.  Di dekat Pantai Pangandaran juga terdapat cagar alam. Anda bisa menjelajahi hutan yang lebat, bertemu dengan rusa dan monyet, hingga memasuki gua-gua, salah satunya adalah Gua Jepang. Di sini pasir pantainya sangat putih. Uniknya, di Pantai Pangandaran Anda dapat melihat sunrise dan sunset. Pantai ini bentuknya memanjang, jadi saat pagi hari Anda dapat menyaksikan mentari yang muncul bersamaan dengan nelayan yang baru pulang dari laut dan meilhat matahari terbenam dengan cahayanya yang cantik.
 
Berikut hal yang anda akan dapatkan apabila mengujungi Paintai ini :
  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.



Berwisata bersama keluarga ke Pantai Pangandaran memang tidak akan semahal berwisata ke Bali. Dari Data yang saya peroleh dari my.pangandaran.com, bahwa untuk masuk Di Kawasan wisata Pantai Pangandaran ini kita dikenakan tiket dengan klasifikasi sebagai berikut : Untuk Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 2.500,-Sepeda Motor Rp. 5.900,-Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 14.200,-Kendaraan Jenis Carry Rp. 27.200,-Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.200,- BUS Kecil Rp. 52.700,- BUS Sedang Rp. 79.500,- dan BUS Besar Rp.130.500.

Beautiful pangandaran


Saat masuk dari pintu gerbang utama, kita langsung akan berhadapan dengan bibir pantai yang jaraknya hanya sekitar 50 meter saja. Dari pertigaan pertama, apabila kita mengambil arah kanan, maka akan kita temukan berbagai fasilitas hotel dan penginapan, berikut kios dagangan assesories khas Pantai Pangandaran. Namun secara umum Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai pangandaran yang akan memanjakan kita diantaranya adalah : 
 
1   1. Lapang parkir yang cukup luas. Terdapat lokasi parkir di kawasan pasar wisata bagi kendaraan besar seperti bus. Jika kita bermalam di hotel, fasilitas parkirnya bisa di dalam hotel, tapi bagi yang tidak menginap, Kita bisa memarkirkan di tempat parkir sekitar jalan dan dekat bibir pantai.

2    2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi. Bagi yang berkantong tebal kita bisa memilih hotel yang benar-benar dekat dengan kawasan pantai yang hanya terhalang oleh jalan utama. Di Daerah Pantai Barat maupun Pantai Timur. Harga sewa hotelnya tentu agak lumayan, kisaran Rp. 500.000,- s/d Rp. 1.5 juta. Tapi bagi kalangan menengah ke bawah terdapat pula pondok wisata atau penginapan yang harganya di bawah Rp. 500.000 bahkan jika kita menyewa kamar di rumah penduduk dengan harga 50 ribu sampai 200 ribu saja. Kalau saya jika bersama keluarga besar suka menyewa satu rumah yang berisi 3-4 kamar ada ruang keluarga dengan harga sekitar 500 ribu.

3  3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer. Jika kita memerlukan sarana komunikasi dan penukaran uang, di kawasan wisata pangandaran juga sudah tersedia. ATM berbagai bank pemerintah maupun swasta juga ada.
4
    4. Gedung bioskop, diskotik. Untuk hiburan malam, kita bisa menikmatinya di lounge hotel atau diskotik yang berada di kawasan pasar wisata. Lokasinya di belakang dengan jarak sekitar 500 meteran dari pantai. Kita bisa karaokean dan menikmati suasana santai malam dengan minuman hangat dan sajian musik malam yang disediakan. 

5  5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata, yang akan membantu kita jika kita membutuhkan informasi apapun seputar wisata di Pangandaran. Penjaga pantai juga ada, dikenal dengan sebutan Balawisata, yang akan mengingatkan pengunjung saat berenang di pantai agar tidak terlalu ketengah atau masuk wilayah larangan berenang, atau menyelamatkan jika ada pengunjung yang tenggelam saat berenang.
6   6. Fasilitas Sepeda dan ban renang sewaan, dengan bersepeda yang bisa berboncengan sampai 3 orang, kita bisa berkeliling kawasan pantai Pangandaran bersama istri dan anak yang akan menambah suasana kebersamaan bersama keluarga.

7    7. Parasailing dan jetski. Bagi yang hobby tantangan di tengah laut, kita bisa bermain parasailing dan jetski yang tentu akan memacu andrenalin kita.


Pangandaran Water Park
Saat ini kawasan wisata Pantai Pangandaran, sudah seperti daerah wisata Bali kedua. Jika datang akhir pekan, long week end atau libur panjang sekolah, pantai Pangandaran selalu dikunjungin puluhan ribu wisatawan, Baik wisatawan domestik dari daerah Ciamis dan Sekitarnya, maupun dari berbagai daerah yang ada di wilayah Jawa Barat Dan Jakarta serta kota-kota lainnya di Indonesia. Bahkan saat ini wisatawan mancanegara juga sudah banyak berkunjung ke pantai pangandaran. 

Banana boat di Pantai Pangandaran

Objek wisata Pantai Pangandaran merupakan primadona pantai di Jawa Barat, terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Pantai Pangandaran ini menjadi kawasan wisata Andalan bagi Kabupaten Ciamis dengan PAD yang dihasilkan antara 1,7 sampai 2 Milyar per tahun. Itu baru dari satu item tiket masuk saja. Sementara dari pendapatan pajak hotel dan restoran dan berbagai fasilitas ekonomi lainnya belum termasuk. Jika kita berkunjung ke Pantai Pangandaran kita akan menemukan berbagai keindahan alam yang tak akan mudah dilupakan. Rangkaian lukisan alam Ciptaan Tuhan yang akan membuat kita mentafakkuri kebesaranNYA.  Ombaknya pun cukup tenang, jadi Anda bisa nyaman dan berlama-lama untuk bermain air. Selain itu, petugas pantai akan memberikan arahan dan larangan kepada Anda di tempat ini. Hal ini tentu menjaga rasa aman Anda.

Tidak hanya bermain air, tetapi Anda juga bisa melakukan olahraga air. Jet ski, banana boat, snorkeling, atau mengarungi laut dengan perahu sewaan milik nelayan dapat Anda lakukan di sana.


Fasilitas

  1. Lapangan parkir yang cukup luas
  2. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  3. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  4. Bumi perkemahan
  5. Sepeda dan ban renang sewaan
  6. Parasailing dan jetski
  7. Waterboom

Hotel

Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi antara lain
  1. Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran
  2. Hotel Laut Biru
  3. Pantai Indah Resort & Hotel Pangandaran
  4. Sunrise Beach Pangandaran Hotel
  5. Surya Pesona Beach Hotel Pangandaran
  6. PURI RENGGANIS
  7. Mustika Ratu Hotel
  8. Century Hotel

AKSESIBILITAS

Untuk sampai di pangandaran wisatawan bisa menggunakan dua jalur.
  • Jalur Darat Menggunakan Bus
  1. Bus Jurusan Bandung - Tasikmalaya-Banjar - Pengandaran
  2. Jakarta Bus Jurusan Kp.Rambutan - Pangandaran
  3. Bus Yogyakarta - Cilacap - Kalipucang - Pangandaran
  • Jalur Udara Menggunakan Pesawat Susi Air
  1. Bandung Bandara Husen Sastranegara - Pangandaran Bandara Nusawiru
  2. Jakarta Bandara Halim Perdanakusuma - Pangandaran Bandara Nusawiru
Description: Pantai Pangandaran Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Pantai Pangandaran
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Jumat, Juli 20, 2012

12 komentar :

  1. Balasan
    1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
    2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
      Saya adalah satu pengamal yang tinggal di Bekasi. Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
      Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com. agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

      Hapus
    3. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
      Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim www.pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

      Hapus
  2. Isma udah sering diceritain sama keluarga di Bandung ttg Panta Pangandaran, cua=man beum sempat ke situ :'( semoga tahun ini bisa kesampaian..

    BalasHapus
  3. saya sudah beberapa kali ke pangandaran , tapi gak pernah bosan2 karena emang pemandangan lautnya indah banget gak cuma itu aja di pangandaran banyak banget oleh2 yang harganya lumayan murah hhe

    BalasHapus
  4. kalo ke laut pangandarannya udah bosen maunya ke green canonnya panagndaran,,,

    BalasHapus
  5. mantai gan infonya sangat menarik
    serta menambah wawasan
    posting terus info lainnya
    terimakasih

    BalasHapus
  6. terimakasih banyak
    infonya menarik bermanfaat
    share terus info lainnya

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini