English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Ciamis yang terletak sebelah timur jawa barat, tepatnya di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Selain dengan keindahan pantainya, paantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya.  Di dekat Pantai Pangandaran juga terdapat cagar alam. Anda bisa menjelajahi hutan yang lebat, bertemu dengan rusa dan monyet, hingga memasuki gua-gua, salah satunya adalah Gua Jepang. Di sini pasir pantainya sangat putih. Uniknya, di Pantai Pangandaran Anda dapat melihat sunrise dan sunset. Pantai ini bentuknya memanjang, jadi saat pagi hari Anda dapat menyaksikan mentari yang muncul bersamaan dengan nelayan yang baru pulang dari laut dan meilhat matahari terbenam dengan cahayanya yang cantik.
 
Berikut hal yang anda akan dapatkan apabila mengujungi Paintai ini :
  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.



Berwisata bersama keluarga ke Pantai Pangandaran memang tidak akan semahal berwisata ke Bali. Dari Data yang saya peroleh dari my.pangandaran.com, bahwa untuk masuk Di Kawasan wisata Pantai Pangandaran ini kita dikenakan tiket dengan klasifikasi sebagai berikut : Untuk Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 2.500,-Sepeda Motor Rp. 5.900,-Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 14.200,-Kendaraan Jenis Carry Rp. 27.200,-Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.200,- BUS Kecil Rp. 52.700,- BUS Sedang Rp. 79.500,- dan BUS Besar Rp.130.500.

Beautiful pangandaran


Saat masuk dari pintu gerbang utama, kita langsung akan berhadapan dengan bibir pantai yang jaraknya hanya sekitar 50 meter saja. Dari pertigaan pertama, apabila kita mengambil arah kanan, maka akan kita temukan berbagai fasilitas hotel dan penginapan, berikut kios dagangan assesories khas Pantai Pangandaran. Namun secara umum Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai pangandaran yang akan memanjakan kita diantaranya adalah : 
 
1   1. Lapang parkir yang cukup luas. Terdapat lokasi parkir di kawasan pasar wisata bagi kendaraan besar seperti bus. Jika kita bermalam di hotel, fasilitas parkirnya bisa di dalam hotel, tapi bagi yang tidak menginap, Kita bisa memarkirkan di tempat parkir sekitar jalan dan dekat bibir pantai.

2    2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi. Bagi yang berkantong tebal kita bisa memilih hotel yang benar-benar dekat dengan kawasan pantai yang hanya terhalang oleh jalan utama. Di Daerah Pantai Barat maupun Pantai Timur. Harga sewa hotelnya tentu agak lumayan, kisaran Rp. 500.000,- s/d Rp. 1.5 juta. Tapi bagi kalangan menengah ke bawah terdapat pula pondok wisata atau penginapan yang harganya di bawah Rp. 500.000 bahkan jika kita menyewa kamar di rumah penduduk dengan harga 50 ribu sampai 200 ribu saja. Kalau saya jika bersama keluarga besar suka menyewa satu rumah yang berisi 3-4 kamar ada ruang keluarga dengan harga sekitar 500 ribu.

3  3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer. Jika kita memerlukan sarana komunikasi dan penukaran uang, di kawasan wisata pangandaran juga sudah tersedia. ATM berbagai bank pemerintah maupun swasta juga ada.
4
    4. Gedung bioskop, diskotik. Untuk hiburan malam, kita bisa menikmatinya di lounge hotel atau diskotik yang berada di kawasan pasar wisata. Lokasinya di belakang dengan jarak sekitar 500 meteran dari pantai. Kita bisa karaokean dan menikmati suasana santai malam dengan minuman hangat dan sajian musik malam yang disediakan. 

5  5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata, yang akan membantu kita jika kita membutuhkan informasi apapun seputar wisata di Pangandaran. Penjaga pantai juga ada, dikenal dengan sebutan Balawisata, yang akan mengingatkan pengunjung saat berenang di pantai agar tidak terlalu ketengah atau masuk wilayah larangan berenang, atau menyelamatkan jika ada pengunjung yang tenggelam saat berenang.
6   6. Fasilitas Sepeda dan ban renang sewaan, dengan bersepeda yang bisa berboncengan sampai 3 orang, kita bisa berkeliling kawasan pantai Pangandaran bersama istri dan anak yang akan menambah suasana kebersamaan bersama keluarga.

7    7. Parasailing dan jetski. Bagi yang hobby tantangan di tengah laut, kita bisa bermain parasailing dan jetski yang tentu akan memacu andrenalin kita.


Pangandaran Water Park
Saat ini kawasan wisata Pantai Pangandaran, sudah seperti daerah wisata Bali kedua. Jika datang akhir pekan, long week end atau libur panjang sekolah, pantai Pangandaran selalu dikunjungin puluhan ribu wisatawan, Baik wisatawan domestik dari daerah Ciamis dan Sekitarnya, maupun dari berbagai daerah yang ada di wilayah Jawa Barat Dan Jakarta serta kota-kota lainnya di Indonesia. Bahkan saat ini wisatawan mancanegara juga sudah banyak berkunjung ke pantai pangandaran. 

Banana boat di Pantai Pangandaran

Objek wisata Pantai Pangandaran merupakan primadona pantai di Jawa Barat, terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Pantai Pangandaran ini menjadi kawasan wisata Andalan bagi Kabupaten Ciamis dengan PAD yang dihasilkan antara 1,7 sampai 2 Milyar per tahun. Itu baru dari satu item tiket masuk saja. Sementara dari pendapatan pajak hotel dan restoran dan berbagai fasilitas ekonomi lainnya belum termasuk. Jika kita berkunjung ke Pantai Pangandaran kita akan menemukan berbagai keindahan alam yang tak akan mudah dilupakan. Rangkaian lukisan alam Ciptaan Tuhan yang akan membuat kita mentafakkuri kebesaranNYA.  Ombaknya pun cukup tenang, jadi Anda bisa nyaman dan berlama-lama untuk bermain air. Selain itu, petugas pantai akan memberikan arahan dan larangan kepada Anda di tempat ini. Hal ini tentu menjaga rasa aman Anda.

Tidak hanya bermain air, tetapi Anda juga bisa melakukan olahraga air. Jet ski, banana boat, snorkeling, atau mengarungi laut dengan perahu sewaan milik nelayan dapat Anda lakukan di sana.


Fasilitas

  1. Lapangan parkir yang cukup luas
  2. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  3. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  4. Bumi perkemahan
  5. Sepeda dan ban renang sewaan
  6. Parasailing dan jetski
  7. Waterboom

Hotel

Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi antara lain
  1. Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran
  2. Hotel Laut Biru
  3. Pantai Indah Resort & Hotel Pangandaran
  4. Sunrise Beach Pangandaran Hotel
  5. Surya Pesona Beach Hotel Pangandaran
  6. PURI RENGGANIS
  7. Mustika Ratu Hotel
  8. Century Hotel

AKSESIBILITAS

Untuk sampai di pangandaran wisatawan bisa menggunakan dua jalur.
  • Jalur Darat Menggunakan Bus
  1. Bus Jurusan Bandung - Tasikmalaya-Banjar - Pengandaran
  2. Jakarta Bus Jurusan Kp.Rambutan - Pangandaran
  3. Bus Yogyakarta - Cilacap - Kalipucang - Pangandaran
  • Jalur Udara Menggunakan Pesawat Susi Air
  1. Bandung Bandara Husen Sastranegara - Pangandaran Bandara Nusawiru
  2. Jakarta Bandara Halim Perdanakusuma - Pangandaran Bandara Nusawiru
Description: Pantai Pangandaran Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Pantai Pangandaran
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Jumat, Juli 20, 2012

21 komentar :

  1. Isma udah sering diceritain sama keluarga di Bandung ttg Panta Pangandaran, cua=man beum sempat ke situ :'( semoga tahun ini bisa kesampaian..

    BalasHapus
  2. saya sudah beberapa kali ke pangandaran , tapi gak pernah bosan2 karena emang pemandangan lautnya indah banget gak cuma itu aja di pangandaran banyak banget oleh2 yang harganya lumayan murah hhe

    BalasHapus
  3. kalo ke laut pangandarannya udah bosen maunya ke green canonnya panagndaran,,,

    BalasHapus
  4. mantai gan infonya sangat menarik
    serta menambah wawasan
    posting terus info lainnya
    terimakasih

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak
    infonya menarik bermanfaat
    share terus info lainnya

    BalasHapus
  6. Artikelnya bagus. thank infonya :)

    BalasHapus
  7. Artikelnya bagus. thank infonya :)

    BalasHapus
  8. Artikelnya bagus. thank infonya :)

    BalasHapus
  9. luar biasa artikelnya, sangat bermanfaat, terimakasih :)

    BalasHapus
  10. Pantai Pangandaran emang TOP bgt.. makasiih infonya..

    BalasHapus
  11. aku yang suka travelling ke pantai,ingin menjadikan Pantai Pangandaran sebagai rencana travel bulan depan..nice,makasig infonya yaa

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya