English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Taufik, Profesor di USA yang Jadi Favorit Mahasiswanya

Taufik kini mengajar di California State Polytechnic, USA, dan menjadi profesor di sana. Dalam profilnya di universitas itu, tampak bahwa ia memang bukan orang sembarangan. Dalam daftar penghargaan yang pernah ia terima terdapat 33 awards dari berbagai kategori. Dari sana juga bisa dilihat, Taufik tak hanya seorang profesor muda yang dari keilmuannya diakui, tetapi juga ‘gaul' dan disukai para mahasiswanya. 

Lihat saja macam penghargaannya. Selain dinobatkan sebagai Best Overall Professor di Cal Poly tahun 2007, ia juga dianugerahi gelar sebagai Best Story Teller Professor, Most Humorous Professor, Favourite Professor, dan sebagainya. 


Dalam wawancaranya di majalah tersebut, profesor bidang elektronik yang juga direktur di Electric Power Institute, USA, itu menyebutkan bahwa kesukaannya pada bidang ini dialami sejak SMA di Jakarta. Pada saat itulah, lelaki yang menjadi pelajar terbaik SMA di angkatannya itu, mulai mengenal circuit elektronik. Kecintaannya pada bidang ini makin kuat ketika ia kuliah di USA.
 
Taufik menamatkan sekolahnya di SMAN 13 Jakarta pada tahun 1989. Setelah itu mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk melanjutkan sekolah di Nothern Arizona University. Tahun 1993 gelar Bachelor in Science pun ia raih dengan predikat Cum Laude. Ia mengambil bidang Computer Science di jurusan Electrical Engineering di universitas IT.

     Tanggung karena sudah berada di USA dan sayang jika buru-buru pulang, Taufik melanjutkan sekolah lagi ke jenjang S2 dan S3. S2-nya ia ambil di University Illinois of Chicago, juga melalui program beasiswa. Ia meraih gelar Master pada tahun 1995 di bidang Electrical Engineering. Lalu S3-nya ia ambil di Cleveland State University dan meraih gelar Doktor pada tahun 1999.


Selama mengejar gelar Doktor, Taufik bekerja sebagai konsultan teknik di beberapa perusahaan. Bahkan dia sempat bekerja selama satu tahun sebagai Engineer di Allen-Bradley, sebuah perusahaan besar yang bergerak dibidang automation industry. Setelah itu ia bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang engineering, antara lain di Rantec Power, San Diego Gas & Electric, dan di APD Semiconductor. Setelah itu, ia mulai mengajar di Cal Poly State University. Di universitas ini ia mengajar berbagai ilmu eletronik seperti Power Electronics Design, Modeling and Simulation of Power Converters, Control Systems, Motor Drives dan sebagainya.

Saat ini, kegiatannya adalah mengembangkan DC House (sistem pengaliran listrik ke rumah-rumah dengan metode direct current), serta mengumpulkan dana untuk bisa membangun DC House di Cal Poly dan Indonesia (tahun depan). Untuk itu, ia telah menjalin bekerja sama dengan beberapa dosen dari perguruan tinggi Indonesia.

Sumber: 

# Kabarinews
# IndonesiaProud
# Eeweb
Description: Taufik, Profesor di USA yang Jadi Favorit Mahasiswanya Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Taufik, Profesor di USA yang Jadi Favorit Mahasiswanya
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, September 18, 2012

2 komentar :

  1. Keren nie Pak Taufiknya. Ternyata orang Indonesia ada jg yg jadi dosen di Institut Negeri di Amerika.hehe

    BalasHapus
  2. Tidak hanya jenius, tetapi Prof Taufik juga gaul..
    Benar-benar membanggakan Indonesia :D

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini