English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Gunung Bromo

 Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari terbit. Lihatlah bagaimana pesona Matahari yang menawan saat terbit dan terbenamnya akan menjadi pengalaman pribadi yang mendalam saat Anda melihatnya secara langsung.


Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Gunung Bromo berasal dari kata Brahma (salah seorang Dewa agama Hindu). 

Bromo merupakan gunung api yang masih aktif dan terkenal sebagai icon wisata Jawa Timur. Gunung ini tidak sebesar gunung api lainnya di Indonesia tetapi memiliki pemandangannya yang spektakuler dan dramatis. Keindahannya yang luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum.

Dari puncak Gunung Penanjakan di ketinggian 2.770 m, wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat sunrise Gunung Bromo. Pemandangannya sungguh menakjubkan dan yang akan Anda dengar hanya suara jepretan kamera wisatawan saat menangkap momen yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Saat sunrise sangat luar biasa dimana Anda akan melihat latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari bersinar terang naik ke langit.   

Gunung Bromo dihuni oleh masyarakat suku Tengger yang meyakini bahwa Gunung Bromo merupakan tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup untuk keluarganya. 

Masyarakat di sini melakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo setahun sekali dengan mempersembahkan sayuran, ayam, dan uang yang dibuang ke dalam kawah gunung berapi untuk dipersembahkan kepada dewa. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.


 Wisata naik kuda di gunung bromo :  


          
 Sumber :  Wikipedia Indonesia

Video klip mulan shooting di gunung bromo : 

                      
 
Description: Gunung Bromo Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Gunung Bromo
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Minggu, September 30, 2012

10 komentar :

  1. An adventurous and breathtaking mountains, very interesting at these heights, they have a fantastic view of the majestic mountain and volcanoes.. very interseting article dear firend. Thank you. I read that Indonesia has the most volcanoes of any country in the world, about 76 are active historically significant volcanic activity takes place on Java, West Sumatra, the Sunda Islands, Halmahera Iceland, Sulawesi, Sangihe Iceland, and in the Banda Sea. Merapi. Other historically active volcanoes include Agung Awu, Karangetang, Krakatau (Krakatoa), Makian, Raung and Tambora.

    BalasHapus
  2. Singgah...diindonesia dimana agaknya tempat tempat menarik dimas?

    BalasHapus
  3. emm jadii pengen naik ke bromo nih,pemandangannya baguus banget...

    BalasHapus
  4. Brrr, dingin banget tuh. Kira-kira berapa derajat celcius saat menunggu mentari terbit di ufuk dari puncak Bromo?

    BalasHapus
  5. thanks gan mantap infonya menarik
    terus posting info menarik lainya
    semoga sukses terus

    BalasHapus
  6. waw amazing indah sekali ya gunung bromo tuh
    mantap kalau wisata ke sana gan
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  7. gaakan nyesel deh kalo berwisata ke bromo

    BalasHapus
  8. ijin nyimak artikelnya gan
    menambah wawasan banget buat yang baca
    terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  9. terimakasih atas informasinya
    sukses terus ,
    di tunggu info-info terbarunya

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini