English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Taman nasional tanjung puting



Bayangkan anda adalah seorang penjelajah yang sedang menuju ke hutan untuk melihat orang utan dan hewan-hewan tropis eksotis lainnya dan Anda akan mulai mengetahui bagaimana Taman Nasional Tanjung Puting sebenarnya. 

Taman yang berukuran seluas Bali, adalah rumah bagi kehidupan liar yang menakjubkan termasuk orang utan yang terkenal di dunia. Taman ini juga rumah bagi monyet-monyet, burung dan hewan liar lainnya, belum lagi tanaman asli hutan itu sendiri. Hutan ini merupakan harta karun yang terkenal di dunia yang menarik perhatian sejumlah pengunjung dari berbagai dunia. 

                                                               


                            
                                                               
Tanjung Puting berada di Kalimantan Tengah. Kawasan itu awalnya dinyatakan sebagai cagar alam di tahun 1935 dan menjadi taman nasional pada tahun 1982. Taman ini berada di semenanajung luar laut Jawa. Dari ukuran taman mengartikan bahwa hutan ini memiliki zona habitat yang beragam. Keragaman ini mengartikan taman adalah rumah bagi sejumlah besar makhluk hidup, baik flora dan fauna.

Lingkungan hutan yang menakjubkan membuat tempat luar biasa ini harus dikunjungi jika anda penyuka petualangan di alam terbuka. 

Hutan ini merupakan sumber air yang jernih, sejernih langit malam dan juga rumah bagi makhluk hutan yaitu orang utan. Orangutan tidak diragukan lagi menjadi penghuni yang paling di kenal di hutan. 

Terkenal melalui penelitian orangutan dan program konservasi di pusat penelitian Camp Leakey. Camp Leakey adalah tempat penagkaran Orangutan dan lokasi studi berkelanjutan terpanjang dari setiap binatang liar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Dengan sekitar tiga perempat populasi orang utan di dunia yang hidup di Kalimantan, taman ini adalah tempat yang ideal untuk melihat orang utan yang luar biasa ini di alam liar. 
Karena tanaman di Tanjung Puting menunjang populasi hewan yang banyak, taman ini menjadi salah satu tempat terpenting di Asia Tenggara untuk pelestarian hewan primata, burung, reptil dan ikan.

Wisatawan sedang asyik menyaksikan ORANG UTAN
                                                                      
Kebanyakan pengunjung datang ke Tanjung Puting dengan kapal dan tinggal di kapal selama kunjungan mereka. Ada juga pilihan terbatas untuk menginap yaitu di hotel sederhana dan homestay di rumah penduduk setempat. 

Untuk menjelajahi hutan satu-satunya cara yang paling efektif adalah dengan berjalan kaki. kunjungan ke Tanjung Puting merupakan perjalanan alam luar yang menyenangkan dan menantang. 

ketika anda berjalan melalui pohon-pohon rindang, anda sebaiknya teliti agar anda tidak kehilangan kesempatan menyaksikan orangutan, monyet, babi hutan dan rusa liar yang berjalan-jalan menikmati kebebasan mereka. mencari dan menyaksikan sendiri kehidupan liar yang masih alami termasuk kehidupan  burung ytemuiang mempesona yang mugkin akan sulit Anda temui di tempat lain. kegiatan ini akan menjadi oleh-oleh yang patut Anda ceritakan kepada keluarga dan rekan-rekan Anda.
Penjelajahan dengan berjalan kaki dapat di sesuaikan dengan tingkat kebugaraan fisik Anda, jadi sangat disarankan agar Anda berdiskusi sebelum Anda berangkat. Ketika Anda tinggal di sungai, kapal tradisional yang disebut Klotoks akan mengantar Anda berkeliling. 


 Untuk menjelajahi hutan, pengunjung harus mengunakan kapal ke sungai Sekonyer dari Pangkalan Bun. Kapal-kapal ini akan menjadi tempat tinggal Anda selama berada di Tanjung Puting. Berbagai penerbangan dari Jakarta dan kota-kota besar lain ke Pangkalan Bun tersedia setiap hari. 

Sejumlah agen perjalanan wisata mengoperasikan kapal pesiar dari sungai Pangkalan Bun. Jika Anda belum mengatur perjalanan anda, agen perjalanan wisata akan menjemput Anda dari bandara dan mengantar Anda langsung ke sungai. Bawalah obat pengusir nyamuk, sunscreen, dan lampu senter.

 Jangan lupa membawa kamera, Anda tidak akan ingin melewatkan setiap momen pengalaman Anda berada dekat dengan orangutan. Kebanyakan pengunjung datang ke Tanjung Puting dengan kapal dan tinggal di kapal selama kunjungan mereka. Ada juga pilihan terbatas untuk menginap yaitu di hotel sederhana dan homestay di rumah penduduk setempat.


Sumber : indonesiaTravel
Description: Taman nasional tanjung puting Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Taman nasional tanjung puting
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Oktober 02, 2012

9 komentar :

  1. Keren soB. seperti di film2 anaconda, tinggalnya di kapal.hehe

    BalasHapus
  2. Indonesia memang kaya dan masih banyak menyimpan tempat yang eksotik.. tak kalah dengan negara-negara yang lain

    BalasHapus
  3. keren gan taman nya mantap
    thanks gan infonya sukses terus

    BalasHapus
  4. thanks gan infonya
    menarik sekali
    menambah wawasan .. sukses terus

    BalasHapus
  5. terimakasih atas info nya yang sangat bermanfaat
    serta menambah wawasan terus update info menarik lain nya

    BalasHapus
  6. menarik sekali info nya gan
    update terus info menarik lainnya
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  7. ijin menyimak artikel nya gan
    terimakasih atas informasinya
    sukses terus

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini