English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

PULAU KOMODO


Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. 

Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat



Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.
Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.


Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Komodo tergolong hewan ganas. Ia sangat sensitif terhadap bau darah. Ia bahkan bisa mencium darah dalam jarak 5 km. Komodo juga sensitif terhadap gerakan tiba-tiba dan suara berisik. Jika sudah dapat “ganguan-gangguan” itu, komodo bisa gelisah bahkan agresif.  

Tarif masuk Taman Nasional Komodo sungguh terjangkau, hanya Rp 2.500 untuk turis lokal dan Rp 20.000 untuk turis asing. Hanya saja, biaya pelengkap perjalanan lainnya memang tergolong lumayan “berat” untuk sebagian wisatawan lokal.
Untuk mencapai Taman Nasional Komodo, turis harus terlebih dahulu mendarat di Labuan Bajo – titik terdekat menuju lokasi. Kita hanya dapat menggunakan pesawat baling-baling berjenis Modern Ark dan sejenisnya dari Bandara Ngurah Rai-Bali. Dalam sepekan, ada empat maskapai dengan trayek penerbangan Ngurah Rai– Labuan Bajo. 

Namun pada hari kerja, hanya ada dua penerbangan. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjut dengan menyewa mobil atau motor untuk menuju pelabuhan dan lanjut menyewa kapal menuju pulau-pulau di kawasan Taman Nasional Komodo


Sumber :
1. Indonesia Travel
2. Wikipedia Indonesia 
 
                                                        video pulau komodo :

Description: PULAU KOMODO Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: PULAU KOMODO
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Oktober 16, 2012

17 komentar :

  1. Tiket masuk Taman Nasional Pulau Komodo hanya rp.2.500,-

    Ongkosnya itu... Wuih... Mantap!

    BalasHapus
  2. Indonesia itu negara paling unik..
    P. komodo masuk dalam keajaiban dunia ga yah..??
    didaerah saya banyak komodo, namun kecil2 mas.. :P

    BalasHapus
  3. Pingin soB kesana. Tapi untuk turis lokal masih terbilang mahal biaya untuk menuju pulau komodo, ya walu sebenarnya tiket masuk bisa terbilang murah.

    BalasHapus
  4. kira2 kalo dari jawa mau ke pulau komodo biar irit tapi cepat naik apa ya sob :)

    BalasHapus
  5. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus
  6. Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara adaalah salah satu destinasi wisata yang sangat layak kita kunjungi.

    BalasHapus
  7. Binatang Komodo adalah binatang yang termasuk binatang Purba dan Komodo adalah satu satunya binatang purba yang masih hidup.

    BalasHapus
  8. Ayo main ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara di Indonesia saja.

    BalasHapus
  9. Komodo adalah jenis binatang Purba yang masih hidup hingga saat ini

    BalasHapus
  10. Air liur Binatang Purba Komodo sangat beracun dan berbahaya.

    BalasHapus
  11. Berwisata di Pulau Komodo adalah sangat menyenangkan apalagi keindahan pemandangan di Nusa Tenggara.

    BalasHapus
  12. Menyenangkan sekali kalau bermain di Pulau Komodo.

    BalasHapus
  13. Berwisata di Nusa Tenggara tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau bermain di Pulau Komodo.

    BalasHapus
  14. Mari kita berwisata di Pulau Komodo di Nusa Tenggara.

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya