English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

5 Masjid unik indonesia


Islam di Indonesia merupakan mayoritas terbesar ummat Muslim di dunia. Ada sekitar 85,2% atau 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk. Walau Islam menjadi mayoritas, namun Indonesia bukanlah negara yang berasaskan Islam


Menurut data Lembaga Ta'mir Masjid Indonesia, saat ini terdapat 125 ribu masjid yang dikelola oleh lembaga tersebut, sedangkan jumlah secara keseluruhan berdasarkan data Departemen Agama tahun 2004, jumlah masjid di Indonesia sebanyak 643.834 buah, jumlah ini meningkat dari data tahun 1977 yang sebanyak 392.044 buah. Diperkirakan, jumlah masjid dan mushala di Indonesia saat ini antara 600-800 ribu buah. 

Berikut ini 5 masjid unik dari ribuan mesjid yang ada di indonesia :



 1.   Mesjid An Nurumi

 
http://haxims.blogspot.com/

Masjid An Nurumi merupakan masjid kecil di tepi jalan Jogja-Solo dengan arsitektur cukup unik. Kubah atapnya mirip bangunan di Moscow, Russia. 



 Kubahnya berbentuk aneh dan berwarna-warni. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Kremlin. Ada juga yang menjuluki Masjid Permen, sebab kubahnya warna-warni mirip permen lolipop.

 

2. Masjid Bawah Tanah Tamansari

  http://haxims.blogspot.com/

Masjid Taman sari terletak di bawah tanah kompleks Taman Sari Jogjakarta. Masjid Tamansari dibangun pada paruh pertama abad lalu. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Masjid bawah tanah ini terdiri atas dua lantai berbentuk bulat dengan rongga- rongga jendela di bagian luarnya.




 Lantai bawah dipakai untuk jamaah wanita, lantai atas untuk jamaah pria. Tangga dari lantai bawah menuju ke lantai atas terletak di tengah-tengah lingkaran. Selain itu terdapat sebuah kolam kecil berbentuk bulat di tengah masjid serta tangga yang melintang di atasnya.

3.   Masjid Cipari

http://haxims.blogspot.com/ 

Masjid Cipari atau A-Syuro, adalah salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Bentuk bangunan mesjid ini cukup unik karena mirip bangunan gereja dengan bentuk bangunannya yang memanjang dengan pintu utama persis ditengah-tengah nampak muka bangunan, juga keberadaan menaranya yang terletak di ujung bangunan persis diatas pintu utama. 

Masjid Cipari ini juga memiliki sejarah perjuangan, karena dahulu digunakan sebagai basis perjuangan rakyat dan tentara.



 

4.   Masjid Menara Kudus

http://haxims.blogspot.com/

Masjid Menara Kudus disebut juga sebagai masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar adalah masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus. Keunikan dari bangunan masjid ini adalah menara berbentuk candi bercorak Hindu Majapahit.




 Bentuk arsitekturalnya yang sangat khas untuk sebuah menara masjid itulah yang menjadikannya begitu mempesona. Keunikan lainnya, mesjid ini dibangun dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini terletak di kabupaten Kudus, Jawa Tengah.


 

5. Masjid Muhammad Cheng Ho
  http://haxims.blogspot.com/

Masjid Muhammad Cheng Ho berada di Jalan Gading, Kota Surabaya. Mesjid ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu masjid terunik. Bangunan mesjid ini tidak berbentuk seperti mesjid pada umumnya karena dibuat dengan arsitektur khas Tiongkok. Bentuk bangunan ini mirip Masjid Niu Jie di Beijing yang berusia lebih dari 100 tahun.




Masjid Muhammad Cheng Ho menjadi sasaran wisata, karena masjid itu memiliki arsitektur unik dengan nuansa Tionghoa. Rancangan awal masjid itu diilhami dari bentuk masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada tahun 996 Masehi, sehingga ada makna filosofi pada setiap bagian dari bangunannya.

Description: 5 Masjid unik indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: 5 Masjid unik indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Oktober 30, 2012

14 komentar :

  1. salam mas..aku mau kongsi posting ini boleh gak?

    BalasHapus
  2. Wahh .. Unik sekali masjid Taman Sari . Saya mahu sekali pergi ke sana . ^-^

    From Aimi , Malaysia .

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. salam kenal.
    ternyata ad msjd kek gt di Indonesia y?
    rasanya aq cm tw no 4 & 5, sebab liat di TV. yg no 1 itu, wktu liat fotonya aj, dlm ht udah kek gn 'mirip bangunan di Kremlin'
    TOP deh.
    sukses selalu!
    ^^

    BalasHapus
  5. @nur fathira : makasi ya , salam persahabatan
    @kak nora : ya kak, itu juga objek wisata di yogyakarta
    @Leni : salam kenal juga, yaa, pengen sholat disana.

    BalasHapus
  6. wahh, bagus sekali designnya. pingin aku pergi ke Indonesia suatu hari nanti. :) salam sobat.

    BalasHapus
  7. wah bagus kumpulan masjid unik di indonesia memang banyak masjid nya tapi kalau di malay sia ingat saya masjidnya jauh jauh mau pergi sholat jumat mesti naik bus 2rm kenangan di johorbahru nusa idaman

    BalasHapus
  8. Saya pernha ke masjid menara kudus, Masjid bawah tanah taman sari, dan sepertinya pernah lihat tuh mesji yang kubahnya warna warni,,tapi nggak begitu ngeh dulu hehehe..nice...

    BalasHapus
  9. uniknya~ nanti kalau pergi indonesia nak pergi masjid tu.. ^_^
    Salam perkenalan..
    yusraa.Malaysia

    BalasHapus
  10. si blog nya sangat menarik menjadikan wawasan bagi pembaca

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya