English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Inilah burung Asli dari Indonesia

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia dan sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Artikel kali ini ALL ABOUT INDONESIA membahas 10 burung asli dari Indonesia.


1.  Celepuk Siau


Celepuk Siau adalah salah satu burung hantu dari jenis Strigidae. Burung Celepuk Siau yang mempunyai nama ilmiah Otus Siaoensis ini berhabitat di daerah Pulau Siau, Sulawesi Utara.

  

2.  Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)


Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) atau disebut juga Curik Bali adalah sejenis burung sedang dengan panjang lebih kurang 25 cm. Burung pengicau berwarna putih ini merupakan satwa endemik asli Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Pulau Bali bagian barat. 
3.   Nuri Sayap Hitam
 Nuri sayap hitam (Eos cyanogenia) adalah sejenis nuri berukuran sedang, dengan panjang sekitar 30 cm, dari suku Psittacidae. Endemik Indonesia, Nuri Sayap-hitam hanya ditemukan di habitat hutan di pesisir pulau Biak dan pulau-pulau di Teluk Cenderawasih, Papua. Spesies ini sering ditemukan dan bersarang di perkebunan kelapa.
4. Kakak Tua Raja 
 

Spesies ini hidup pada ketinggian 0-1520 meter dari permukaan laut, biasanya berkelompok. Kakak tua pada umumnya berusia panjang, hingga mencapai 60 tahun bahkan lebih. Kakak tua menghuni hutan primer dan sekunder yang tinggi dan tepi hutan juga hutan monsun (Nusa Tenggara), hutan yang tinggi bersemak, semak yang pohonnya jarang dan lahan budidaya yang pohonnya jarang. Dari permukaan laut sampai ketinggian 900 m (Sulawesi), 1520 m (Lombok), 1000 m (Sumbawa).


5.   Cendrawasih


Burung-burung cendrawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Burung Cendrawasih ditemukan di Indonesia timur. Ukuran burung cendrawasih mulai dari Cendrawasih raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih paruh-sabit Hitam pada 110 cm dan Cendrawasih manukod jambul-bergulung pada 430 gram. Burung jantan pada jenis yang dimorfik seksual bersifat poligami.


6.  Elang Flores



Elang Flores (Spizaetus floris) merupakan salah satu jenis raptor (burung pemangsa) endemik yang di miliki Indonesia. Ciri-ciri burung elang flores mempunyai ukuran tubuh yang sedang, dengan tubuh dewasa berukuran sekitar 55 cm. pada bagian kepala berbulu putih dan terkadang mempunyai garis-garis berwarna coklat pada bagian mahkota. Elang flores merupakan raptor (burung pemangsa) endemik Nusa Tenggara yang hanya dapat ditemukan di pulau Flores, Sumbawa, Lombok, Satonda, Paloe, Komodo, dan Rinca.

 
 7.     Trulek Jawa (Vanellus macropterus)
 Trulek Jawa (Vanellus macropterus) adalah salah satu burung langka yang hanya terdapat di Jawa. Ciri-ciri Trulek Jawa adalah berukuran sedang, sekitar 28 cm. Bulunya berwarna coklat keabuan dengan kepala hitam. Beberapa daerah yang didiami burung trulek jawa antara lain hutan Sawangan, Petungkriyono, Pekalongan (Jawa Tengah).
8.  Gosong sula 
 Gosong sula (Megapodius bernsteinii) adalah spesies burung dari keluarga Megapodiidae. Burung ini hanya dapat ditemukan di Indonesia, dengan habitat pada hutan subtropikal atau hutan tropis, hutan dataran rendah subtropis atau tropis, hutan mangrove subtropis atau tropis, dan dataran dengan tumbuhan perdu beriklim subtropis atau tropis.
9.  Sempidan Kalimantan

Burung Sempidan Kalimantan adalah burung endemik Pulau Kalimantan, biasa ditemui di kawasan terlindung (misalnya Taman Nasional Kayan Mentarang, Kalimantan Timur),  jarang ditemukan di tempat lain. Burung ini mendiami bukit dan wilayah bawah hutan pegunungan tropis, cenderung memilih hutan hujan dataran tinggi dan jarang mengunjungi dataran rendah di bawah ketinggian 300 meter (980 kaki). Makanannya terutama terdiri dari buah-buahan, cacing, dan serangga.
10.   Mambruk ubiaat
  Mambruk ubiaat adalah hewan endemik Papua Indonesia, karena hanya ditemukan di hutan hujan dataran rendah di bagian barat Pulau Papua di wilayah Indonesia; jenis lain Mambruk menghuni bagian lain dari pulau ini. Makanan utama burung ini adalah buah dan biji-bijian. 

Burung berwarna biru keabu-abuan ini berukuran cukup besar dengan ciri khas mahkota seperti renda di atas kepalanya serta bulu gelap di sekitar matanya. Baik jantan maupun betina memiliki ukuran dan bentuk yang sama, akan tetapi jantan biasanya berukuran lebih besar. Ukuran rata-ratanya adalah panjang 70 cm (28 inci) dan berat 2.100 grams (4,6 lbs)


Description: Inilah burung Asli dari Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Inilah burung Asli dari Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Maret 12, 2013

14 komentar :

  1. Wah saya suka cendrawasih nya tuh. Ternyata kekayaan fauna burung di Indonesia sangat beragam ya. Harus tetap dilestarikan supaya tidak punah suatu saat. :)

    BalasHapus
  2. Jelas aku suka sama CENDRAWASIH bang..hahahyy

    BalasHapus
  3. wah info yang bagus sekali..semoga burung tersebut dilestarikan keberadaannya, karena merupakan aset negara dan kita berkewajiban menjaganya..salam..

    BalasHapus
  4. jalak bali sama cendrawasih cantik banget yah?

    BalasHapus
  5. Dulu saya pernah pelihara sepasang cendrawasih dari manokwari karena dulu bapak saya dinas di sana, tapi skrg burungnya mati :D

    BalasHapus
  6. smuanya jenis burung ane suka sob. soalnya pecinta burung jg tdk harus memeliharanya. dan mereka indahnya di alam bebas

    BalasHapus
  7. ternyata burung indonesia bagus2 juga yach

    BalasHapus
  8. Burung Indonesia emang keren2 :D

    BalasHapus
  9. Cendrawasih tetap jadi primadona hehehe

    BalasHapus
  10. elang flores gagah banget gan :D

    BalasHapus
  11. keren sob artikelnya, no 9 unik banget

    BalasHapus
  12. cantik burung cenderawasih..

    BalasHapus
  13. memang fantastis,,merak jawa,elang jawa, mana nih

    BalasHapus
  14. kebanyakan sudah langka kawan yang anda posting kita harus menjaga agar kekayaan fauna di indonesia tetap lestari khususnya unggas atauoun sebangsa burung

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Share It