English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

BASSIST TERBAIK INDONESIA

 Pemain bass adalah posisi yang sangat penting selain drummer. bassist adalah "leader in the background" bass yang memegang kendali lagu yang dibawain band, Berikut ini 10 Bassist terbaik indonesia versi ALL ABOUT INDONESIA.


1.  Nissa Hamzah


Nissa Hamzah,  Lahir di Jakarta, 22 April 1989 merupakan bassist dari band Omellete, Nissa adalah salah satu the best bass player di Indonesia yang bersama 13 bassist Indonesia membentuk “Bass Heroes” ,  album dari kumpulan 13 basist terbaik indonesia di bawah naungan Sony Music Indonesia, dan nissa merupakan satu-satunya bassist wanita dari 13 bassist tersebut.


2. Chua kotak

sumber poto : Kotak

Swasti Sabdastantri, atau yang biasa dipanggil Chua adalah bassist salah satu band ternama Indonesia, Kotak. Chua lahir di Makassar, 3 April 1988. Chua sudah mengenal dan tertarik dengan musik sejak dirinya di sekolah menengah pertama di Makassar. Hal ini tidak lepas dari pengaruh sang kakak yang sudah lebih dulu terjun sebagai musisi. Chua pernah pindah ke Surabaya dan tampil di televisi lokal dan beberapa kafe.

Chua menjadi bassist band Kotak, setelah menggantikan Prinzes 'Icez' Amanda yang pindah ke band  T.R.I.A.D. Penampilan Chua yang aktif di panggung dan keahliannya membetot bass memberikan warna baru pada Kotak. Chua merupakan bassist muda potensial yang dimiliki oleh indonesia. 


Thomas Ramadhan
sumber poto : Moth thomas

Thomas Ramadhan adalah pemain bass kelompok band Gigi. Thomas lahir di Bandung, 5 Maret 1967 itu bersama Armand Maulana, Dewa Budjana dan Gusti Hendy hingga kini tetap eksis sebagai musisi. Bila kita perhatikan, kalau Thomas sedang in action bersama GIGI band, mungkin sepintas kita nggak akan tahu bahwa tuning senar bassnya nggak lazim seperti gitar bass pada umumnya.

 Standarnya tuning gitar bass adalah : senar nomor 1 – G, nomor 2 – D, nomor 3 – A dan nomor 4 – E. Versinya Thomas adalah senar nomor satu dan dua sama seperti bass pada umumnya (G dan D) tapi nomor tiga dan empatnya bukan A dan E, melainkan sama juga dengan nomor satu dan dua yaitu G dan D dengan oktaf yang lebih rendah.

4. Barry likumahuwa
sumber poto : barry likumahuwa project


Bassist kelahiran Jakarta, 14 juni 1983 ini merupakan pemain bass beraliran jazz. Barry merupakan Rajanya Bass di aliran Musik Jazz, ini dilihat dari berbagai penghargaan yang ia peroleh, diantaranya Best Bassist Wagega Music Festival, 2001 -1st Winner of Indonesia Music Festival Bass Category held by fender, 2003 , Best Bassist Asian Beat Festival Jakarta Final.


5.   INDRO HARDJODIKORO






 Indro Hardjodikoro lahir di Jakarta, Indonesia, 14 Desember 1968 merupakan musisi senior indonesia. Pemain bass yang telah lama eksis di dunia musik indonesia ini mulai dikenal masyarakat indonesia di saat dia bergabung bersama grup musik Halmahera pada acara Gita Remaja TVRI di era 90an. Pada tahun 1995 Indro mulai terjun bermain Jazz pada acara Jak Jazz bersama Maryono Quintet. 

Pada tahun 1997 Indro mendapat kepercayaan untuk mengiringi Eric Merienthal, Warren Wiebe pada tur-turnya di Indonesia. Setelah itu Indro juga masih sering terlibat dalam banyak acara jazz seperti mengiringi Kenny Garret, Michael Colina, Dave Koz, Michael Lington dan lain-lain. Tampil eksis pada event jazz di indonesia dari dulu hingga sekarang, Indro Hardjodikoro sangat layak di apresiasi.



6.  Bondan prakoso



 



Bondan Prakoso adalah bassist dan vokalis dari grup Bondan&fead2black, mengawali kariernya sebagai penyanyi cilik di era 80-an hingga awal tahun 90-an. Album perdananya yang bertitel Si Lumba-Lumba sukses dipasaran dan mencuatkan namanya. Bondan prakoso merupakan mantan personel Band Funky kopral, ketika itu funky kopral merajai musik aliran Alternatif, dan mendapatkan 2 penghargaan yakni di tahun 2001 dan 2003 mendapatkan penghargaan grup band alternatif terbaik dan kategori kolaborasi rock terbaik bersama musisi Setiawan djodi. 

 Namun Sayang, setelah album ketiga dirilis, ia mengundurkan diri dari Funky Kopral. Hingga ditahun 2005 ia membentuk band baru bernama Bondan Prakoso & Fade 2 Black dengan genre musik Pop Rock yang dipadu dengan Rap.




7.   Ramdan Burgerkill
Sumber poto : Ariane suci ismarani
Burgerkill adalah band metalcore yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu pentolan burgerkill ini merupakan nyawa dari burgerkill, Memegang peranan penting di band, Ramdan  layak berada di 10 bassist terbaik di indonesia versi ALL ABOUT INDONESIA.


8.  NOVAN



Mungkin masyarakat indonesia tidak mengenal Novan, namun bagi masyarakat yogyakarta dan masyarakat yang menyukai musik indie nuansa Rock yakni Captain jack band, pasti mengenal Novan. Ya, novan adalah bassist band indie asal yogyakarta, yang telah lama eksis dan menjadi kunci musik dari captain jack. Permainan bass yang aktraktif dan skill yang tinggi, menempatkan novan sebagai salah satu bassist terbaik indonesia versi all about indonesia.


9.  Sammy SERINGAI 




 Sammy merupakan bassist band indie indonesia, yakni bassist seringai band, menggantikan Toan yang meninggalkan band. Lagu-lagu Seringai seperti “Mengadili Persepsi, “Amplifier”, “Citra Natural” sukses di bawakan oleh sammy dan menghidupkan musik Seringai, yang beraliran high octane rock.



10.  BAGUS DHANAR DANA



Bagus  lahir di Jakarta, Indonesia, 17 Januari 1971, Pria berkepala plontos ini merupakan pendiri band NETRAL dan memegang peranan penting di band netral, karena bagus adalah  Vokalis dan bassist. Netral adalah band beraliran punk yang dibentuk pada bulan November tahun 1991,  yang gemar bergonta-ganti personel. Hanya Bagus yang tersisa sebagai personel awal yang terus berlanjut hingga kini. Saat ini Netral telah beralih label ke Kancut Records, sebuah label independen, yang dibentuk oleh Bagus dan Eno (drumer netral).



Demikian 10 Bassist terbaik indonesia versi ALL ABOUT INDONESIA, semoga bermanfaat.
Description: BASSIST TERBAIK INDONESIA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: BASSIST TERBAIK INDONESIA
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Jumat, Mei 10, 2013

44 komentar :

  1. Chua kotak juga masuk 10 besar bassis terbaik yah?
    keren banget tuh

    BalasHapus
  2. Mengulas soal bassist terbaik di Indonesia, Bondan Prakoso memang selalu diakui. Apalagi pas masih di funky kopral, rajin banget nge-Slap gitar bass nya di beberapa lagu. Top lah BP.. :)

    BalasHapus
  3. cuaaahh , kakak ku memang the best :v

    BalasHapus
  4. salut sama 10 bassis the best diatas, patut di akui kelihaiannya.
    semuanya bener2 bassis handal dan populer, tapi kok gak ada yang egang bass betot ya mas :D

    BalasHapus
  5. Aku suka bngt Barry likumahuwa
    Aiih kece abis mau perfome sndri ataupun bareng BLP..
    Keren banged,
    masih muda, berbakat, ganteng dan memang dia rajany basist music jazz >.<

    BalasHapus
  6. Mereke yang muda yang berbakat sekali yang patut dihargai dan diacungi jempol Mas

    BalasHapus
  7. bondan ganteng yahh sama thomas ramadhan.

    BalasHapus
  8. Wah...semuanya di dominasi sama orang2 muda ya mas :)

    BalasHapus
  9. Ngomongin Basis Tu Bagus Basis Merangkap vokalis walo vokal tak bagus bagus amir, Tapi Musik Netral Keren abis.

    BalasHapus
  10. bassist barry banyak juga ya penghargaan yang diraihnya, keren mas

    BalasHapus
  11. ijin liad ah sob bassist terbaik band tanah air ,,,makasih sudah berbagi info selamat malam

    BalasHapus
  12. keren! malahan yang di urutan pertama basis cewek, membuktikan bahwa gender bukanlah perbedaan yang berarti. maju terus musisi indonesia!

    salam blogger,
    oldsunday.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Nice bangg..>
    Di tunggu kunjungan baliknya di www.njajalae.info

    BalasHapus
  14. ternyata chua kotak masuk nominasi :D

    BalasHapus
  15. salam kenal,ini kunjungan pertamaku
    link back ya

    BalasHapus
  16. Wima (J-rocks) Jono (GBS) x (AJB) , untuk metal saya berkiblat pada basis senior Power Metal & God bless

    BalasHapus
  17. NOVAN CAPTAIN JACK BAND kereennnnn ....

    Salam dari kami WE ARE MONSTER JACKERS INDONESIA. (m) x (m)

    BalasHapus
  18. Informasi yang sangat menarik dan menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih atas sharing nya ya :)

    BalasHapus
  19. yg nulis payah
    loe gk nyantumin wima J-ROCKS. kesalahan fatal!
    ketinggalan banget! liat nih skillnya :

    http://www.youtube.com/watch?v=mpt-xZI2y8c

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi broh, kurang luas wawasannya

      Hapus
  20. Bagi gw sih ramban BK n chua yg bgus dri pd yg lain ny........

    BalasHapus
  21. Ronald steven patut dilirik tuh sering main sama agnes monica, tangga session player sih dia.

    BalasHapus
  22. bredmart thumbs up chua kotak

    BalasHapus
  23. coba saya baca ulang ya, supaya lebih paham

    BalasHapus
  24. saya sangat senang membaca artikel yang diposting disini

    BalasHapus
  25. Artikelnya bagus. thank infonya :)

    BalasHapus
  26. Artikelnya bagus. thank infonya :)

    BalasHapus
  27. Artikelnya bagus. thank infonya :)

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

    BalasHapus
  29. Wima J-Rocks kok gak masuk kak?

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya