English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Universitas di indonesia yang Terakreditasi A

Akreditasi adalah salah satu sistem penjaminan mutu sebuah lembaga pendidikan baik itu Sekolah maupun Perguruan Tinggi. Dengan nilai akreditasi yang baik bisa mencerminkan kualitas sistem pembelajaran yang baik pula di lembaga atau institusi pendidikan tersebut.

Untuk sementara ini hanya beberapa Universitas baik Negeri maupun Swasta yang bisa meraih nilai Akreditasi sangat baik ( A ), berikut universitas tersebut :

1. Universitas Gadjah Mada  (Yogyakarta)

Universitas gajah mada,  photo by tjokro ragaz
Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949, Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.



2.  Universitas Indonesia (Depok)



 Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI berdiri pada tahun 1849 dan merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia.


3. Institut Teknologi Bandung 
Sumber poto : shypoll

 Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB. 


4.  Institut Teknologi Sepuluh November (surabaya)

Lokasi ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia, yang merupakan pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Sejak tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri.



5.  Institut Pertanian Bogor ( IPB )


 

Institut Pertanian Bogor adalah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang secara historis merupakan bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan yang dimulai pada awal abad ke-20 di Bogor. 

Lahirnya IPB pada tanggal 1 September 1963 berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang kemudian disyahkan oleh Presiden RI Pertama dengan Keputusan No. 279/1965.




Pada Bulan Maret 1981, melalui perjuangan keras para aktivis Muhammadiyah seperti Drs. Mustafa Kamal Pasha, Drs. M. Alfian Darmawan, Hoemam Zainal, SH, Brigjen. TNI (Purn) Drs. H. Bakri Syahid, K.H. Ahmad Azhar Basyir, M.A, Ir.H.M. Dasron Hamid, M.Sc, H.M. Daim Saleh, Dr. M. Amien Rais, M.A, H.Mh.Mawardi, Drs. H. Hasan Basri, Drs. H. Abdul Rosyad Sholeh, H. Zubeir Kohar, Ir. H. A. Basit Wahid serta didukung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat itu, K.H.A.R Fakhruddin dan Ketua Wilayah Muhammadiyah DIY, H.M. Muchlas Abror, secara resmi didirikanlah UMY yang kemudian berkembang saat ini.


7. Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta

 
 Universitas yang terletak di Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, merupakan universitas yang meraih akreditasi A dengan skor tertinggi di antara perguruan tinggi swasta di Indonesia pada penilaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi hingga saat ini. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta adalah universitas terbaik nomor dua secara nasional tahun 2012


 8. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta di Kota Malang. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah.

UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai "The Real University", yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komitmen dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi.


9.  Universitas Hasanuddin  (Makassar)



Universitas Hasanuddin, disingkat Unhas, adalah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 11 Juni 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.

Sumber :
1.  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
2.  Kompas
4.  Vivanews

Beberapa tahun kedepan lulusan dari Universitas dengan Akreditasi yang baik ( A ) akan lebih mendapatkan prioritas dalam seleksi penerimaan karyawan / pegawai pada lembaga BUMN maupun Pemerintahan.

Demikianlah artikel Universitas di indonesia yang  Terakreditasi A , semoga menambah pengetahuan anda.

 
Description: Universitas di indonesia yang Terakreditasi A Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Universitas di indonesia yang Terakreditasi A
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Kamis, Mei 30, 2013

18 komentar :

  1. sayangnya saya jauh dari seluruh kampus diatas jadinya belum pernah liat, pasti seneng deh kalo kuliah disitu.
    terimakasih atas infonya mas

    BalasHapus
  2. semakin byk universitas terakreditasi semakin bagus pula kwalitas pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  3. yah univ ku gak masuk deh :D tpi gpp lah bagus kok kalau emng sudah bnyak univ yng d akui d indonesia :)

    BalasHapus
  4. suatu kebanggaan ya mas klo bisa masuk diantara universitas tersebut.

    BalasHapus
  5. UI ga masuk urutan pertama ya mas :)

    BalasHapus
  6. @budi os 19 ini nggak urutan mas, cuman semua nya termasuk akreditasi A.

    BalasHapus
  7. UII adalah bagian dari sejarah panjang perjuangan dan pendidikan bangsa ini koq gak di bahas?,UII adalah perguruan tinggi tetrua di indonesia tahun 1945
    "negara yang besar adalah negara yang mengahragai sejarah"

    http://www.uii.ac.id/content/view/17/602/

    BalasHapus
  8. Universitas Andalas (UNAND) Padang juga sudah terakreditasi A mulai februari tahun 2014.

    BalasHapus
  9. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus
  10. waw ...infonya sangat membantu sekali . thank

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

    BalasHapus
  12. Akreditasi adalah salah satu sistem penjaminan mutu sebuah lembaga pendidikan baik itu Sekolah maupun Perguruan Tinggi..,

    visit link my websiteTel-U

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya