English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Taman Nasional Laut Bunaken

 

Taman Nasional Laut Bunaken didirikan tahun 1991 dan terletak di Teluk Manado, propinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Secara keseluruhan Taman Laut Bunaken memiliki area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Nain. 

Secara geografis Taman Nasional Bunaken dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian utara dan bagian selatan. Bagian utara meliputi lima pulau, dan daerah pesisir antara Molas hingga Tiwoho yang disebut Pesisir Molas-Wori. Bagian selatan seluruhnya terdiri daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng yang disebut Pesisir Arakan-Wawontulap.

Untuk menuju Taman Nasional Laut Bunaken dengan pesawat udara, kita terlebih menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado. Dari Kota Manado ke Bunaken memakan waktu sekitar 45 sampai 60 menit dengan perahu. Banyak Resort atau Hotel di Bunaken yang mengatur perjalanan untuk tamu mereka. 
Pada tahun 2008, Taman Laut Bunaken dikunjungi 32.760 wisatawan asing, sedangkan di tahun berikutnya meningkat menjadi 51 ribu wisatawan mancanegara.
Menyelam memang merupakan cara terbaik bila Anda ingin secara utuh dan jelas menikmati keindahan panorama bawah laut Bunaken. Tersedia 23 tempat snorkeling atau penyelaman.

Terdapat sekitar 91 jenis ikan di perairan Taman Nasional Bunaken, diantaranya Ikan Badut (Clown Fish), ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain.

Tapi menyelam memang bukan pilihan satu-satunya. Cara lainnya adalah menggunakan kapal semi selam yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken. Kapal ini menyediakan dinding-dinding kaca untuk bisa menikmati keindahan dan eksotisme dasar laut Bunaken. Ada pula kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang. Pemandangan yang didapatkan tentu saja lebih maksimal meski tarifnya jauh lebih mahal dari kapal semi selam berdinding kaca.

                                                video keindahan bunaken :

                                                   sumber video : djarum


Sumber :
# indonesiaTravel
# Wikipedia Indonesia
Description: Taman Nasional Laut Bunaken Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Taman Nasional Laut Bunaken
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Senin, September 03, 2012

7 komentar :

  1. Cantiknye laut..teringin nak pegi sana...1 day....hope boleh sampai sana;)

    BalasHapus
  2. cantik dan indah
    memang indonesia itu kaya akan flora fayn dan keindahan alam nya
    subhanalloh alloh maha besar menciptakan bumi dan isinya ittu berbagai macam bentuk dan keguuannya terutama keindahan nya,thanks gan infonya sukses terus

    BalasHapus
  3. sangat indah sungguh besar kekayaan alam indonesia ini terima kasih ya alloh atas ciptaan mu sekarang mah bagaimana kitanya untuk menjaga dan melestarikannya .. terima kasih banyak

    BalasHapus
  4. waw mantap sekali infonya
    menarik dan bermanfaat sekali
    thanks gan infonya , sukses terus

    BalasHapus
  5. ijin nyimak artikelnya gan
    menambah wawasan banget buat yang baca
    terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  6. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya