English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pejabat Terbaik Indonesia

 Memiliki Pejabat yang bekerja dengan baik, melayani masyarakat dengan ramah dan bekerja untuk kepentingan bersama adalah hal yang "langka" di Indonesia, Hanya Sedikit saja pejabat indonesia yang bekerja dengan baik, kebanyakan pejabat indonesia mementingkan pribadi nya, untuk memperkaya diri sendiri.  

Pejabat di pilih dari rakyat dan untuk rakyat, artikel kali ini membahas Pejabat terbaik Indonesia yang telah melakukan perubahan yang sangat signifikan untuk daerah yang dipimpin nya :

1.   Tri Rismaharini


Ir. Tri Rismaharini, M.T adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 8 Juni 2010. Ia adalah Wali Kota Surabaya wanita yang pertama. Sejak berada di bawah kepeimpinannya, wajah Kota Surabaya berubah total. Selain tampil lebih bersih dan rapi, di setiap sudut kota bertebaran taman-taman nan cantik sebagai sarana bermain warga kota. 


* Prestasi

  1. Berhasil membuat taman terbesar di kota Surabaya, Taman Bungkul, menjadi taman yang asri, padahal dulunya taman yang terletak di tengah kota Surabaya itu, tak layak disebut taman.
  2. Membenahi situs internet resmi milik pemerintah Kota Surabaya, dilengkapi dengan fitur-fitur yang komprehensif dan selalu diperbaharui.
  3.  Membangun pelestarian bagi pejalan kaki dengan konsep modern di sepanjang jalan Basuki Rahmat yang kemudian dilanjutkan hingga jalan Tunjungan, Blauran, dan Panglima Sudirman.
  4.  kota Surabaya berhasil meraih kembali penghargaan Adipura 2011 untuk kategori kota metropolitan, setelah lima tahun bertutut-turut tidak pernah memperolehnya.


    2.   Syahrul Yasin Limpo


    DR. H. Syahrul Yasin Limpo adalah anak kedua dari pasangan H. Muh. Yasin Limpo dengan Hj. Nurhayati Yasin Limpo. Syahrul  lahir di Ngawing, Makassar pada tanggal 15 Maret 1955. Syahrul Yasin Limpo saat ini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dinilai berhasil membangun Sulawesi Selatan. Di bawah kepimpinannya, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan mencapai angka signifikan yaitu di atas 8%.


    Sementara di sektor pertanian, Sulsel mampu mempertahankan surplus berasnya. Pada tahun 2011 dapat melampaui surplus 2 juta ton menjadi sebesar 2,90 juta ton beras.

     Untuk jagung, 2011 Sulsel mampu menghasilkan 1,41 juta ton. Angka ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 1,34 juta ton. Peningkatan juga dialami oleh komoditas lainnya seperti kakao serta komoditi lain dari sejumlah sektor seperti peternakan yang mampu menghasilkan sapi sebanyak 1.017 ekor tahun 2011 lalu. 


    Syahrul juga sempat mendapatkan sejumlah penghargaan, yaitu: Penghargaan Upakarti dari Presiden RI, tahun 1997, Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI, tahun 1998, Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI, tahun 2001, Satya Lencana Wirakarya dari Presiden RI, tahun 2003, penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 1997, perhargaan Bhakti Koperasi dan Pengusaha Kecil dari Menteri Kopersai & UKM tahun 1997


    3.  Joko Widodo


    Ir. H. Joko Widodo adalah Gubernur DKI Jakarta sejak tanggal 15 Oktober 2012. Ia merupakan gubernur ke-17 yang memimpin ibu kota Indonesia. Sebelumnya, Jokowi menjabat Wali Kota Surakarta (Solo) selama dua periode, 2005-2010 dan 2010-2015, namun baru 2 tahun menjalani periode keduanya, ia mendapat amanat dari warga Jakarta untuk memimpin Ibukota Negara. Baru Menjabat gubernur DKI JAKARTA telah banyak perubahan yang dirasakan masyarakat Jakarta.

     Gaya Jokowi yang dekat dengan rakyat dan suka blusukan membuat dia sangat populer di Indonesia. Joko Widodo adalah Kebanggaan masyarakat Indonesia.

    Prestasi Joko widodo selama menjabat walikota solo :
       
    - Solo meraih penghargaan Kota dengan Tata Ruang Terbaik ke- 2 di Indonesia Piala. 
    - Solo meraih Piagam Citra Bhakti Abdi Negara dari Presiden RI (2009), untuk kinerja kota dalam penyediaan sarana Pelayanan Publik, dll
    - Piala Citra Bidang Pelayanan Prima Tingkat Nasional oleh Menteri Negara
     - Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia (2009)
    - Penghargaan dari Departemen Keuangan berupa dana hibah sebesar 19,2 miliar untuk pelaksanaan pengelolaan keuangan yang baik (2009).
    - Penghargaan Unicef untuk Program Perlindungan Anak (2006)
    - Indonesia Tourism Award 2009 Kategori Indonesia Best Destination dr Departemen Kebudayaan & Pariwisata RI kerjasama dgn majalah SWA.Penghargaan Kota Solo sebagai inkubator bisnis dan teknologi (2010) dari Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI)
    - Grand Award Layanan Publik Bidang Pendidikan (2009). 
    - Solo meraih Pelopor Inovasi Pelayanan Prima tahun 2009
    - Solo meraih 6 kali Anugerah Wahana Tata Nugraha (2006-2012).
    - Solo meraih Penghargaan Tata Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Umum.
    - Solo meraih Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada Arutala dari DepKes (2009).
    - Solo Kota Terfavorit Wisatawan 2010 dalam Indonesia Tourism Award 2010 yang diselenggarakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
    - Penghargaan dari Presiden RI, SBY sebagai salah 1 kota terbaik penyelenggara program pengembangan mewujudkan Kota Layak Anak(KLA) 2011
    - Penghargaan Langit Biru 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk kategori Kota dengan kualitas udara terbersih.
    - Pemerintah Kota Solo meraih penghargaan sebagai pengendali inflasi terbaik se-Jawa (2012)
    - Kota Solo raih Penghargaan dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) (2012)
    - Jokowi dan Solo meraih "Eco-cultural City" (2012)
    - Pemerintah kota Solo meraih Best City Award Asia Tenggara (2012)


    4.   Herman Sutrisno


 Herman Sutrisno adalah Walikota Banjar, Jawa Barat dalam pemilihan kepala daerah 2008, Herman Sutrisno meraih Kemenangan Mutlak yakni 92,17 persen suara dan masuk Museum Rekor Dunia dan Rekor Indonesia. Rekor yang hingga kini belum terpecahkan oleh kepala daerah mana pun. Setiap Jumat pagi, dia selalu bersepeda keliling Banjar. Minimal rutenya sejauh 35 kilometer. Kadang Herman mencari rute lain: jalan sempit, naik-turun, masuk-keluar desa. Bagi Herman, olahraga ini bukan sekadar menyalurkan hobi, tapi juga untuk melihat dari dekat perkembangan kota yang dipimpinnya. 


Setiap anak yang dinilai tidak dapat bersekolah lantaran kekurangan biaya dibantu Rp 250 ribu per tahun. Itu untuk siswa sekolah menengah pertama. Buat murid sekolah menengah atas, bantuannya Rp 500 ribu per siswa. Bantuan itu mengalahkan bantuan DKI Jakarta yang cuma Rp 400 ribu per siswa SMA. Untuk pelayanan kesehatan, Herman membebaskan biaya berobat puskesmas bagi mereka yang membawa kartu penduduk. Hal yang sama berlaku jika mereka berobat ke rumah sakit daerah. Bedanya, yang satu ini hanya diberlakukan bagi warga miskin.


5. Dr. Sinyo Harry Sarundajang


 Sinyo H Sarundajang adalah Gubernur Sulawesi Utara yang berhasil membawa Propinsi Sulawesi Utara dua tahun berturut-turut memperoleh predikat opini pengelolaan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ). Selain itu juga, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara ( SULUT ) juga telah membawa Provinsi Sulawesi Utara ( SULUT ) menjadi yang terbaik dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( LPPD).



Mantan Staff Ahli Mendagri Bidang Strategis (2000) ini sangat populer dan di kagumi masyarakat Sulawesi Utara, penerima BINTANG JASA UTAMA dari Mantan presiden Megawati serta BINTANG MAHAPUTERA UTAMA dari Presiden SBY ini, juga memperoleh penghargaan sebagai gubernur terbaik Indonesia tahun 2011 versi Menteri dalam negeri dan Gubernur Terbaik 2011 versi GATRA Award 2011. Saat ini,  Sinyo H Sarundajang kembali terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Utara untuk kedua kalinya berpasangan dengan mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Propinsi Sulut, Djouhari Kansil.




Semoga Saja masih ada Pejabat-pejabat indonesia yang bekerja dengan baik seperti ke 5 figur di atas. Demikian Artikel 5 Pejabat Terbaik Indonesia, semoga bermanfaat.
Description: Pejabat Terbaik Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Pejabat Terbaik Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Februari 19, 2013

27 komentar :

  1. Dari semua list di atas, yang saya tahu cuma pak Joko Widodo.

    Wah, prestasi pak Jokowi luar biasa ya. Saya baca satu-satu list penghargaan nya, jadi mewek dan terkesima sendiri :O

    BalasHapus
  2. Mereka ini termasuk sosok pahlawan, yang bisa diteladani, saya terus terang salut dengan mereka.

    BalasHapus
  3. nah ini dia sosok2 yg patut dicontoh. sangat jarang org spt ini di temui

    BalasHapus
  4. Setuju banget sob,apalagi sama yang namanya Bapak Joko Wi huebat banget tuh,,,,

    BalasHapus
  5. terima kasih teman temanku atas komentar nya, ya saya bangga dengan ke 5 figur ini, semoga dapat di ikuti calon calon pejabat lain , agar indonesia kembali bangkit dari keterpurukan, amin

    BalasHapus
  6. Saya kenal pak Syahrul, kebetulan kemarin ketemu :D

    BalasHapus
  7. wah betapa beruntungnya sobat di pimpin pejabat yang bagus ,dan bisa bertemu sosok pejabat yang bekerja dengan baik , apalagi beliau terpilih kembali menjadi gubernur sulsel. mantap sobat

    BalasHapus
  8. Hidup jokowi heuheu .. kita berharap semua pejabat indonesia seperti mereka ..

    BalasHapus
  9. Mereka adalah figur pemimpin teladan!

    BalasHapus
  10. Pemimpin2 pemerintahan seperti merekalah yang sangat didambakan warga negara RI saat ini, ayo yg lainnya maju.

    BalasHapus
  11. Wajah-wajah Adem Ayem, patut diteladani

    BalasHapus
  12. Sekarang JOKOWI lagi naik daun ya bang..hahhahayyy

    BalasHapus
  13. mungkin kalo semua pejabat kayak diatas indonesia bisa maju gk ya?

    BalasHapus
  14. Motivasi buat kita semua,
    memberikan inspirasi dan semangat terhadap semua orang yg membacanya..
    Mudah2n Indonesia di pimpin sama orang hebat seperti diatas.. :P

    BalasHapus
  15. mudah-mudahan bisa memimpin negeri Indonesia dengan bijak...

    http://hmi-situbondo.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. sebagai orang Sul Sel...bangga tentunya terhadap pigur pak Syahrul Yansin Limpo,,

    jadi wajar tentunya terpilih yg kedua kalinya jd seorang gubernur. Apalagi beliau skrg adalah ketua asosiasi gubernur seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  17. wah ini harus dan pantas ditiru nih.. mantap sob artikelnya

    BalasHapus
  18. Terimakasih informasinya sobat

    BalasHapus
  19. Wah mantap bgt sob, ane salut sama yang pertama :)

    BalasHapus
  20. semoga lebih banyak lagi pejabat yang memperhatikan rkyat dan daerah kekuasaanya seperti pak joko widodo :D

    BalasHapus
  21. ternyata masih ada orang2 hebat lainnya selain jokowi ...
    salut

    BalasHapus
  22. Tapi....aku lebih memilih JOKOWI aja dibanding yang lain..merakyat dan sederhana sih.......Bravo Bang JOKOWI....maju jadi CAPRES pak...tak pilih nanti

    BalasHapus
  23. terimakasih atas list gubernur terbaiknya. kebetulan saya juga sedang coba nulis, tapi satu per satu karena mau coba mengulas sedikit latar belakangnya,dan apa yang membuat mereka menjadi pemimpin yang baik. yah, masih coba-coba sih.hehe. thanx again for the article!

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini