English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengenal Masjid Tertua di Indonesia

Masjid adalah rumah atau tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan masjid berukuran kecil disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. 

Suatu kebanggaan menyaksikan masjid yang telah lama berdiri, bangunan-nya masih kokoh dan dapat digunakan. Berikut ini merupakan 7 masjid tertua di indonesia, Beberapa masjid telah berumur mulai dari sekitar 700-400 tahun. 

1. Masjid Saka Tunggal (1288)

                                       Photo by : Bujang masjid
Masjid Saka Tunggal
Nama resmi masjid ini adalah masjid  Saka Tunggal Baitussalam,  tapi lebih populer dengan nama masjid saka tunggal karena memang Masjid ini hanya mempunyai saka tunggal (tiang penyangga tunggal). Masjid saka tunggal berukuran 12 x 18 meter ini menjadi satu satunya masjid di pulau Jawa yang didirikan tahun 1288M, 2 abad sebelum Wali Songo. Sekaligus menjadikan Masjid Saka Tunggal Baitussalam sebagai Masjid Tertua di Indonesia.

      Masjid Masjid Saka Tunggal Baitussalam berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon Banyumas. , Banyumas, Jawa Tengah, Ditengah suasana pedesaan Jawa yang begitu kental. Di kawasan masjid yang dipenuhi dengan kera-kera yang berkeliaran bebas. Di masjid ini terdapat beberapa ruang. Halaman masjid cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan. 

sumber : Rindu Masjid


2.   Masjid Wapauwe (1414)

                                                Photo by : nitawijaya
Masjid Wapauwe
Mulanya Masjid ini bernama Masjid Wawane karena dibangun di Lereng Gunung Wawane oleh Pernada Jamilu, keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha (Maluku Utara). Masjid ini mengalami perpindahan tempat akibat gangguan dari Belanda yang menginjakkan kakinya di Tanah Hitu pada tahun 1580 setelah Portugis di tahun 1512. Merasa tidak aman dengan ulah Belanda, Masjid Wawane dipindahkan pada tahun 1614 ke Kampung Tehala yang berjarak 6 km sebelah timur Wawane.

Meskipun kecil dan sederhana, masjid ini mempunyai beberapa keunikan yang jarang dimiliki masjid lainnya, yaitu konstruksi bangunan induk dirancang tanpa memakai paku atau pasak kayu pada setiap sambungan kayu. Hal lainnya yang bernilai sejarah dari masjid tersebut yakni tersimpan dengan baiknya Mushaf Alquran yang konon termasuk tertua di Indonesia.

Masjid yang masih dipertahankan dalam arsitektur aslinya ini, berdiri di atas sebidang tanah yang oleh warga setempat diberi nama Teon Samaiha. Letaknya di antara pemukiman penduduk Kaitetu dalam bentuk yang sangat sederhana.

Sumber : juliansoplanit



3. Masjid Ampel (1421)
Masjid Ampel
 Masjid Ampel adalah sebuah masjid kuno yang berada di bagian utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel, dan didekatnya terdapat kompleks makam Sunan Ampel.

Saat ini Masjid Ampel merupakan salah satu daerah tujuan wisata religi di surabaya. Masjid ini dikelilingi oleh bangunan berarsitektur tiongkok dan arab.
Disamping kiri halaman Masjid Ampel, terdapat sebuah sumur yang diyakini merupakan sumur yang bertuah, biasanya digunakan oleh mereka yang meyakininnya untuk penguat janji atau sumpah.



4. Masjid Agung Demak (1474)

Masjid Agung Demak adalah salah satu mesjid yang tertua di Indonesia. Masjid ini terletak di desa kauman, demak, jawa tengah.  Masjid ini memiliki nilai historis yang sangat penting bagi perkembangan Islam di indonesia, tepatnya pada masa Kesultanan Demak Bintoro. Banyak masyarakat memercayai masjid ini sebagai tempat berkumpul-nya para wali penyebar agama Islam, yang lebih dikenal dengan sebutan Walisongo (Wali Sembilan). 

Masjid ini memiliki keistimewaan berupa arsitektur ala Indonesia. Masjid ini menggunakan atap limas bersusun tiga yang berbentuk segitiga sama kaki. Atap limas ini berbeda dengan umumnya atap masjid di Timur Tengah yang lebih terbiasa dengan bentuk kubah. Ternyata model atap limas bersusun tiga ini mempunyai makna, yaitu bahwa seorang beriman perlu menapaki tiga tingkatan penting dalam keberagamaannya: iman, Islam, dan ihsan.

Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di kompleks ini juga terdapat Museum Masjid Agung Demak, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat Masjid Agung Demak.




5. Masjid Sultan Suriansyah (1526)


                                                                                         Photo by : Dwieekapurnama
Indah di lintasi sungai kuin

Masjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin adalah sebuah masjid bersejarah di Kota Banjarmasin yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550), Masjid yang didirikan di tepi sungai Kuin ini memiliki bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung dan beratap tumpang. 

 Arsitektur mesjid Agung Demak sendiri dipengaruhi oleh arsitektur Jawa Kuno pada masa kerajaan Hindu. Identifikasi pengaruh arsitektur tersebut tampil pada tiga aspek pokok dari arsitektur Jawa Hindu yang dipenuhi oleh masjid tersebut. Tiga aspek tersebut : atap meru, ruang keramat (cella) dan tiang guru yang melingkupi ruang cella. Meru merupakan ciri khas atap bangunan suci di Jawa dan Bali. Bentuk atap yang bertingkat dan mengecil ke atas merupakan lambang vertikalitas dan orientasi kekuasaan ke atas.

6. Masijd Menara Kudus (1549)

                        
photo by : surya H Putra

Masjid ini terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mesjid ini berbentuk unik, karena memiliki menara yang serupa bangunan candi. Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama.



7.  Masjid Agung Banten (1552-1570)

Masjid Agung banten (sumber poto : google)
Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tidak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Masjid ini dikenali dari bentuk menaranya yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar.

Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama dari Kesultanan Banten. Ia adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati. Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Salah satu kekhasan yang tampak dari masjid ini adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip pagoda China yang juga merupakan karya arsitek Cina yang bernama Tjek Ban Tjut

sumber : wikipedia indonesia 


Demikianlah 7 masjid Tertua di Indonesia, Semoga bermanfaaat. Dapat kita ketahui dari Ibnu Umar -radhiallahu anhuma-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
 
صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian.” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 650)

Description: Mengenal Masjid Tertua di Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Mengenal Masjid Tertua di Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Senin, Juli 08, 2013

146 komentar :

  1. masjid yang nomor 3-7 sepertinya dirawat dengan baik,
    sayang sama masjid saka tunggal dan wapuwe, atau emang disengaja ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sobat, kayak-nya di sengaja, biar kesan kuno-nya terjaga, namun terlihat indah.

      Hapus
  2. bangunan jaman dulu memang sangat-sangat kuat,hingga masih berdiri kokoh hingga sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas tiyang, patut di apresiasi dan harus di lestarikan.

      Hapus
  3. Masjid-masjid ini juga tentunya sudah menjadi cagar budaya dan dilindungi oleh UU tentang kepurbakalaan juga ya mas, soalnya di tempat WS sendiri di Sumedang, Masjid Agungnya katanya termasuk dilindungi oleh UU kepurbakalaan walaupun usianya tidak setua Masjid-masjid di atas...
    Masjid-masjidnya bagus-bagus dan indah-indah ya, menjadi saksi bisu perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget sobat, wah alhamdulilah dilindungi, jadi kalau ada oknum yang merusak akan di penjara. Ya, harus di rawat, biar kita tahu, peninggalan sejarah dari para leluhur kita.

      Hapus
  4. Wah tua sekali yah mas Dimas Mesjid-mesjidnya, perlu dijaga dan dilestarikan... Biasanya bangunan jaman dulu malah lebih kuat yah terbukti sampai sekarang masih berdiri padahal sudah berabad-abad lamanya yah... Luar biasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas, salah satu warisan dari leluhur yang patut di lestarikan.

      Hapus
  5. Beberapa sudah pernah berkunjung. Banyak sejarah dibalik masjid-masjid kuno tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah, wah saya belum pernah, selamat mas, sudah wisata religi ke masjid tertua di indonesia.

      Hapus
  6. masjid ini harus di lestarikan atau lebih bagus lagi di kembangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak indah, harus di renovasi agar awet di masa mendatang.

      Hapus
    2. aku setuju sama mbka indah, supaya masjid2 tua gak hilang

      Hapus
    3. Masjid sekarang kebanyakan hanya ramai kalau pas perayaan hari besar agama atau pada saat sholat Jum'at. Memfungsikan masjid sebagai sarana tempat untuk mengkaji ilmu agama dan kegiatan agama lain seharusnya lebih digalakkan lagi.

      Hapus
    4. bener banget pak guru, kalau bukan kita siapa lagi, mari kita ramaikan masjid, sebagai pemuda generasi penerus bangsa.

      Hapus
    5. mari kita ramaikan masjid

      Hapus
  7. walau tampaknya sudah tua mari kita lestarikan supaya bisa di nikmati dan digunaka untuk generasi yang akan datang

    BalasHapus
  8. waw walaupun terlihat tua tapi seni artistiknya masih ada dalam masjid2 ini. sayang sekali kalau masjid2 ini hancur atau bahkan dilupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sobat, harus digunakan, seperti sholat berjamaah, biar ada guna-nya

      Hapus
  9. peninggalan yang bersejarah, umurnyapun sdh tua sekali...semoga masih terjaga dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn, dan tentu saja di promosikan mbak, biar masyarakat tahu, masih ada peninggalan sejarah berupa masjid.

      Hapus
    2. ya semoga generasi muda bisa menjga dengan baik ya

      Hapus
  10. lama banget ya,,,,
    thanks sob atas infonya

    BalasHapus
  11. ada banyak cerita di balik mesjid-mesjid bersejarah.

    BalasHapus
  12. indah-indah mas bangunannya... terimaksih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
  13. indah-indah mas bangunannya... terimaksih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
  14. Sebagian udah direnofasi yah mas bangunannya, supaya tetap kelihatan indah dan megah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul mas, biar banyak pengunjung-nya.

      Hapus
    2. ramaikan dan makmur kan :)

      Hapus
    3. lestarikan dan budayakan :)

      Hapus
    4. ajak saudara dan handaitaulan :)

      Hapus
    5. mari kita bergandeng tangan singsingkan lengan baju....

      Hapus
    6. saya sependapat dengan apa yg menjadi komitmen mas budi, sebaiknya memang begitu

      Hapus
  15. liat mesjid menara kudus...disitulah cinta kita bergelora...sekarang dia ada dimana yah...ah, saya jadi kangen dan rindu padanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiii, Cerita lama ke ingat kembali, Kita doakan saja ya kang, "DIA" nya baik2 saja. jauh ya akang main-nya sampai ke kudus

      Hapus
  16. Wah .. ada Mesjid Agung Demak dan mesjid Menara Kudus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sobat, dua2 nya jawa tengah , hehe

      Hapus
    2. iya, khan di kampungku halamanku salah satunya :)

      Hapus
  17. Walah yang nomor 1 deket tapi belum pernah ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak dong deket rumah sobat, ada satu masjid tertua

      Hapus
    2. gak deket2 banget sih .. sekitar 40-an km .. he he, tapi daripada yang lain, tapi yang jauh kayak mesjid ampel, mesjid menara kudus dan mesjid demak malah sudah. Soalnya saya juga baru tahu di halaman ini, makasih infonya

      Hapus
  18. keindahan seni bangunan dan peninggalan dari sejarah perkembangan Islam..yg hingga kini masih berdiri kokoh. membuat kita bangga memilikinya ya mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas budi pur, kita harus menjaga dan bangga

      Hapus
    2. yup...udah menjadi keharusan mas :)

      Hapus
    3. setuju dengan pendapat mas andes dengan mas budi, sepertinya perlu dan menjadi keharusan

      Hapus
    4. Harus dipertahankan dan dilestarikan karena merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

      Hapus
  19. Setelah mengetahui dan mengenal masjid tertua di Indonesia, mari kita sama-sama menjaga dan merawat warisan nenek moyang kita... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widiwww... makin rame aja neh yang komentar...
      Moga aja mas Dimasnya gak puyeng balesin komentar yang masuk...
      heheehe... :)

      Hapus
  20. wah, yg paling pertama tuw umurnya 700 tahun???
    subhanallah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kokoh berdiri dan tetap layak di gunakan

      Hapus
  21. wah tua tua banget ya mas... tapi sebagian sepertinya rada kurang terawat ya mas....? hehehe makasih infonya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun sudah tua tapi memiliki nilai sejarah yg berharga ini mas karena mesjid^ inilah yg membuat kita semua umat islam bisa maju hinga sekarang

      Hapus
  22. Menurut Ane Mesjit Teruni adalah
    Masjid Menara Kudus>>
    Di situ Tercampurnya berbagai Kultur Budaya Islam dan hindu>>>
    Sesuai DG nenek Moyang Bangsa indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pendapat yang bagus mas arif, betul banget, kita harus bangga dengan nenek moyang kita, jadi kita harus melestarikan dan menjaganya

      Hapus
  23. Wah, terimakasih infonya mas ..
    Tapi masih banyak masjid tertua di indonesia ..

    BalasHapus
  24. artikelnya bermanfaat sob,,,thanks for share,,

    BalasHapus
  25. keren nih mas infonya , kalau masjid mbah rahmat kembang kuning surabaya masuk aapa tidak, atau masjid nya sunan drajat masuk apa tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak masuk di sini mas, kebanyakan, hehe. maaf ya mas

      Hapus
    2. Ditunggu aja mas Agus bagian ke duanya... pasti nanti nongol hehe...

      Hapus
  26. Masjid, walau sdh tua kalau bangunannya dirawat dengan baik, masih keliatan indah kok.. apalagi klo org2 masih banyak yg beribadah disana, pasti suasananya sejuk.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah, semoga saja ya mbak, banyak yang sholat di masjid disana. selamat berpuasa.

      Hapus
  27. masjid-masji itu harus di lestarikan jangan sampai rusak termakan waktu. karena itu merupakan warisan sejarah islam di indonesia

    BalasHapus
  28. yah semoga semakin besar dan megah masjidnya juga berbanding lurus dengan jumlah jamaahnya. Tau sendiri kan, kadang masjid besar yang shalat subuh nggak lebih dari dua shaf -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul mas, harus di isi penuh shaf apalagi bulan ramadhan

      Hapus
  29. kalo masjid pertama di indonesia itu masjid agung demak apa bukan mas? hehhe saya lupa padahal ini juga termasuk sejarah yak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masjid Saka Tunggal di bangun 1288, Masjid Saka Tunggal Baitussalam sebagai Masjid Tertua di Indonesia. mas.

      Hapus
    2. Wow luar biasa yah mas, sudah tua masih tetap berdiri, perlu dirawat, sayang kan kalau sampai rusak :)

      Hapus
    3. sayang bangettt pastinya, kan peraturannya jangan di rusak2 mas biar awet :)

      Hapus
    4. kalau sampe ada yang ngerusak mah kebangetan banget yah mas...

      Hapus
  30. tambahin mas No,8 Masjid Tuo Kayu Jao (Sumbar) thn 1599
    :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas.
      wah belum ada artikel terbaru T_T

      Hapus
    2. iya nih mas Dimas saya tunggu artikel barunya hehe...

      Hapus
  31. Masjid masjid ini sebaiknya direhab ulang kemudian bisa dijadikan sebagai sejaraj dan kenangan yg bisa menjadi pengetahuan bangsa indonesia khususnya umat islam...
    Informasi menarik yg sangat berguna sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget pak, di rawat dan di gunakan, agar bermanfaat bagi umat muslim, dari kakek, anak, cucu, cicit, sampai seterusnya, bisa di regenerasi. makasi pak sudah berkomentar

      Hapus
    2. Masjid Saka Tunggal ini sepertinya paling tua, tapi apakah sampai sekarang masih digunakan mas bagus?, kalau masih ada ini merupakan kenangan yg luar biasa. ini perlu dimusiumkan sbg nilai sejarah yg paling lama dan perlu dijaga jangan sampai punah, bukankan begitu teman???

      Hapus
  32. wah thanks gan buat infonya :) sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  33. Masjid bersejarah perlu dijaga kelestariannya ya sob, nais inpoh sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas muroi, salut dengan mereka yang menjaga masjid tua, bisa awet sampai sekarang.

      Hapus
  34. terima kasih infonya mas,,
    dari ke 7 Masjid itu, belum satupun saya pernah masuk :)

    BalasHapus
  35. Semoga ke7 masjid tertua di Indonesia ini bisa terus terjaga dan terpelihara dengan baik. Amin

    BalasHapus
  36. Kunjungan sobat, doa sayasemoga keberadaan mesjid-mesjid tua itu tetap lestari dan selalu memakmurkan.Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn ya ALLAH, terima kasih bang komen-nya.

      Hapus
  37. walau masjidnya tua
    tapi tetap indah
    selamat berpuasa
    semoga dapat pahala berlimpah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener sobat, aamiinn. selamat berpuasa juga.

      Hapus
  38. ternyata kalah ya tuanya masjid bayan di lombok utara yg usianya kisaran 300 tahun, berdiri sejak abad ke 17. sejarahnya, islam memang sudah masuk ke wilayah nusantara, sebutan wilayah indonesia yg lebih luas, itu sejak masa kekhalifahan umar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow maaf mas saya kurang tahu info-nya, makasi sudah kasih informasi yang bermanfaat bagi semua.

      Hapus
    2. sebenernya sy juga gak wahu kalo gak buka wikipedia, hehehe. ini rahasia kita berdua ya mas *sambil bisik2

      Hapus
    3. hihi, tapi sangat bagus gan info-nya

      Hapus
  39. info yang bermanfaat apalagi bernuansa islam.. selamat berpuasa..semoga amalan ibadah kita diterima Allah SWT.aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn ya allah, makasi mas, selamat berpuasa.

      Hapus
  40. Masjid yang umurnya sudah sangat tua tersebut kondisinya masih sangat bagus dan terlihat sangat indah.. harus benar2 dijaga dan dirawat sebaik-baiknya, supaya generasi yg akan datang bisa melihat jejak2 perkembangan Islam di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas bayu, agar generasi muda muslim tahu bahwa banyak peninggalan sejarah islam di indonesia, selamat berpuasa mas.

      Hapus
  41. mengenal sejarah masjid lebih dekat sob,
    jgn lupa follow balik blog kami ya di http://korap-cak.blogspot.com
    trims..

    BalasHapus
  42. masyallah bagus-bagus banget masjidnya, kapan bisa keliling sholat di masjid-masjid kuno ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan, insya allah kalau ada kesempatan

      Hapus
  43. ini mesjid yang tertua, kalau mesjid yang terkokoh ada di aceh. tahan terhadap tsunami
    kickymaulana.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget gan, masjid di aceh, sudah terkenal kokoh

      Hapus
  44. Sungguh luar biasa, masjid2 ini meskipun sudah tua, namun kemegahannya masih luar biasa. Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Boku perlu dirawat, dijaga dan dilestarikan yah...

      Hapus
  45. Saya udah pernah masuk dan menjalankan shoat dzuhur ke masjid Sultan Suriansyah waktu masih di kal-sel

    BalasHapus
  46. taunya saya uman masjid ampel doang hihihi

    BalasHapus
  47. Selain masjid-masjid yang disebutkan di atas mungkin masih banyak masjid yang tua yang perlu dilestarikan juga yah mas...

    BalasHapus
  48. selamat pagi gan :) mampir dulu ya :)
    ditunggu kunjungan baliknya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan, makasi sudah mampir, besok2 nulis di guest book ya gan kalau mau ninggali jejak, hehe

      Hapus
  49. wah mantabb nih masjid tertua, cuma mamang pernah ke mesjid Agung Banten doang, 6 masjid lagi belum pernah...

    BalasHapus
  50. Yang jelas mesjid tua ini bisa dijadikan sejarah, dan perlu dijaga utk kenangan

    BalasHapus
  51. Banyak masjid, banyak pengajian,tapi banyak juga yang tetap korup ya gan,bagaimana ini dengan indonesia.

    BalasHapus
  52. masjid ampel walaupun tuda tetap terawat ya

    BalasHapus
  53. Semoga Keberadaan masjid tua di Indonesia yang memiliki nilai sejarah bangunan cagar budaya tetap terlestarikan sepanjang masa dan tetap ramai dikunjungi untuk beribadah

    BalasHapus
  54. saya baru tahu sob tentang Masjid-Masjid tersebut,,,pokonya nice post,terimakasih gan informasinya,,,,

    BalasHapus
  55. mantab nih infonya, ane jadi dapet ilmu sejarah baru :)

    BalasHapus
  56. dari ke 7 masjid tersebut saya sudah pernah berkunjung ke masjid demak, kudus, ampel. folback ya mas :)

    BalasHapus
  57. Hoho masjid saka tunggal.. tempate aku kue mas, biasa tuku ciu neng desa cikakak wangon.

    BalasHapus
  58. Informasinya bermanfaat sekali gan dan bagus buat nambah pengetahuan. Terimakasih banyak udah berbagi

    BalasHapus
  59. informasinya bermanfaat sekali gan dan bagus buat nambah pengetahuan. Terimakasih banyak udah berbagi

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini