English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Serba-serbi Islam di Indonesia

Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, Pancasila: “KeTuhanan Yang Maha Esa”, Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, dengan 85% dari jumlah penduduk adalah penganut ajaran Islam.

Artikel kali ini, Admin AAI akan mengulas serba-serbi islam di indonesia :

1. Kaligrafi 30 Juz Al-quran terbesar di dunia dan di indonesia

Asep (bukan nama sebenarnya) sedang melihat kaligrafi terbesar

Sejumlah ulama dan seniman kaligrafi di Sumatera Selatan berhasil menorehkan sejarah baru dalam dunia kaligrafi. Dalam waktu delapan tahun, mereka berhasil memahat 30 juz ayat suci Al-Quran dalam 315 lembar kayu trembesi. Tidak kurang dari Rp 2 miliar dihabiskan untuk mewujudkan cita-cita yang fenomenal itu. 

sumber berita :  Tempo
sumber photo : Parliza Hendrawan


2.  MASJID dengan jumlah kapasitas terbesar DI ASIA TENGGARA dan Di Indonesia

Masjid kebanggaan negara indonesia

 Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dalam hal kapasitas untuk menampung jamaah menunaikan ibadah sholat. Masjid Istiqlal mampu menampung 200 ribu jamaah di dalam gedung. 

sumber photo : Voa Islam
sumber berita : Voa Islam 


3.  Museum AL-Quran nomor 2 terbesar ternyata ada di Indonesia 

bentuk bangunan luar museum al-qur'an

 Museum Al Quran di Jakarta merupakan yang terbesar kedua di dunia, setelah Museum Al Quran di Bahrain.  Museum Al-Quran terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Museum ini diresmikan oleh Presiden Suharto pada 20 April 1997, di atas lahan lebih kurang 2 hektare dan luas bangunan 17.000 meter persegi. Bangunannya berbentuk bujur sangkar dengan atap limas, seperti Masjid Demak, Jawa Tengah. 

sumber berita : okezone.com
sumber photo : indonesiakaya


4.  Masjid Tertua di Indonesia
 
masjid tertua di indonesia
 
Masjid saka tunggal merupakan masjid tertua di indonesia, berdiri pada tahun 1288, berada di desa cikakak Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Lokasi Saka Tunggal dari jalan raya menuju pintu gerbang masjid, terbilang cukup jauh, letaknya berada di tengah suasana pedesaan Jawa yang begitu kental. Kawasan masjid ini berdekatan dengan Taman Kera, sehingga ketika berada di lokasi, kita akan disambut dengan pemandangan kera-kera yang berkeliaran bebas.

sumber berita : Newsjid
sumber photo : Bujang masjid 


5. 10 Bersaudara dalam 1 keluarga penghafal Al-qur'an dari indonesia

keluarga penghafal al-qur'an

Setiap orang tua muslim pasti ingin memiliki anak-anak yang hafal Al-Qur’an dan berprestasi. Keluarga yang mampu menjadikan 10 orang buah hati mereka sebagai anak-anak yang soleh, hafal Al-Qur’an dan berprestasi. Keluarga luar biasa itu adalah pasangan suami istri Mutammimul Ula dan Wirianingsih beserta 10 putera-puteri mereka. Yang lebih luar biasa lagi adalah, kedua orang tua ini tergolong super sibuk dengan berbagai aktifitas dakwahnya. 

Mutammimul Ula adalah anggota DPR RI dari fraksi PKS. Sedangkan Wirianingsih adalah Staf Departemen Kaderisasi DPP PKS sekaligus Ketua Aliansi Selamatkan Anak (ASA) Indonesia dan Ketua Umum PP Salimah (Persaudaraan Muslimah) yang cabangnya sudah tersebar di 29 propinsi dan lebih dari 400 daerah di Indonesia. Beberapa hal yang mendukung kesuksesan ini adalah upaya mereka menjaga kondisi ruhiyah dalam keluarga: 1. Tidak ada televisi di dalam rumah 2. Tidak ada gambar syubhat 3. Tidak ada musik-musik laghwi yang menyebabkan lalai kepada Allah dan diganti dengan nasyid 4. Tidak ada perkataan yang fashiyah (kotor).



sumber berita dan photo : Buku 10 Bersaudara Bintang Al-Qur’an 


6.  Tempat pemakaman mewah di Indonesia 

 

San Diego Hills, Memorial Park and Funeral Homes, adalah nama sebuah lokasi pemakaman atau tempat peristirahatan terakhir yang jauh dari suasana angker pada umumnya.Lingkungan tempat pemakaman atau kuburan ini terlihat megah, bersih, representatif, dan menyenangkan. Kuburan mewah ini bukan diluar negeri, tapi ada di Karawang Barat, Jawa Barat. Beragam fasilitas yang tidak pernah dijumpai di taman pemakaman mana pun di dunia bisa ditemukan disini.
 
San Diego Hills menyediakan tiga kategori areal memorial park yaitu Earth (wilayah kuburan yang dirancang dengan posisi kiblat yang sempurna ke Mekkah), Physical Homes (area kuburan yang memperbolehkan struktur yang dirancang dengan perhitungan yang sesuai dengan keharmonisan lingkungan), dan Universal (area kuburan modern yang banyak dilakukan di negara-negara maju dengan sistem rapi, efisien dan mementingkan kualitas lingkungan yang tinggi).

sumber berita dan photo : San Diego Hills Karawang



7.  Mushaf Al-qur'an terbesar di Indonesia

sugianto, sang penulis al-qur'an
Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil menulis mushaf Al-qur'an berukuran besar. Al-qur'an tersebut berdimensi, panjang 101 sentimeter, lebar 80 sentimeter, dan tebal 20 sentimeter merupakan mushaf terbesar pertama di Indonesia yang dibuat oleh seorang narapidana. 

Al-qur'an tersebut ditulis oleh napi atau warga binaan, Sugianto, warga Desa/Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, sejak Maret 2012 dan selesai pada November 2012. Butuh waktu lama bagi petugas Kantor Kementerian Agama Banyuwangi untuk mengecek tulisan tersebut. Dalam proses penulisannya, Sugianto didampingi KH Yusuf Nuris yang saat itu juga menjadi warga binaan Lapas Banyuwangi.

sumber photo : ika ningtyas
sumber berita : Okezone.com


8. Jamaah Haji Indonesia Terbanyak Di dunia


mengantri untuk menunaikan haji

Setiap tahun Arab Saudi kebanjiran jutaan "turis" dari penjuru dunia. Namun bukan berwisata tapi melaksanakan ibadah haji. Dari seluruh negara yang mengirimkan jemaahnya, Indonesia tercatat sebagai negara pengirim calon jemaah haji terbesar di dunia. Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, tentu saja mengirim calon jemaah haji dalam jumlah besar.

sumber berita : Tempo


9.  Indonesia merupakan Penghafal Al-qur'an terbanyak Di dunia  
Presiden Indonesia memberikan penghargaan kepada Hafidz al-qur'an indonesia

Indonesia boleh berbangga, ternyata jumlah penghafal Alquran di Indonesia tertinggi di dunia, yakni mencapai 30 ribu orang. Arab Saudi bahkan hanya memiliki 6.000 orang penghafal/Hafidz Alquran.


sumber : Dakwatuna
sumber photo : Presiden Republik indonesia website


10.  Uniknya Waktu Berbuka puasa di wilayah indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa, Indonesia terdiri dari beribu pulau. Indonesia terdiri dari 3 wilayah yakni Indonesia bagian barat, indonesia bagian tengah, dan indonesia bagian timur. Setiap wilayah bagian terpaut waktu 1 jam, Indonesia bagian tengah lebih cepat 1 jam dari waktu indonesia bagian barat. Sedangkan Indonesia bagian Timur lebih cepat 1 jam dari indonesia bagian tengah dan lebih cepat 2 jam dari indonesia bagian barat. Sehingga jika bulan ramadhan, setiap wilayah indonesia, berbeda-beda waktu berbuka puasa dan sahur-nya.

Indonesia adalah negara kepulauan, 33 provinsi tersebar di pulau-pulau, maka untuk pembagian zona waktu untuk masing-masing wilayah pun berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah pembagian zona waktu di Indonesia dan wilayah cakupannya:
WIB –> Waktu Indonesia bagian barat (GMT+7 jam) mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
WITA –> Waktu Indonesia bagian tengah (GMT+8 jam) meliputi wilayah Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.
WIT –> Waktu Indonesia bagian timur (GMT+9 jam) meliputi wilayah Maluku dan Papua. 
Demikianlah Serba-serbi islam indonesia, semoga bermanfaat
Description: Serba-serbi Islam di Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Serba-serbi Islam di Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Senin, Juli 22, 2013

72 komentar :

  1. dengan melihat fakta seperti itu, sepantasnya kita berbangga jadi orang indonesia :)

    BalasHapus
  2. Dari sekian banyaknya fakta tentang Islam di Indonesia tidak mampu menciutkan nyali para koruptor... Teteeeep aja Indonesia juara korupsi, ironis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kak, korupsi di indonesia semakin merajalela. memalukan, tetapi ya biarlah mereka2 para koruptor yang menanggung dosa-nya, walau di dunia, mereka di hukum ringan. Hanya ALLAH yang menghukum mereka berat atau ringan.

      Hapus
  3. Seandainya tidak banyak orang yang korupsi di negeri ini, pastinya Indonesia pantas menjadi negara paling kaya dan majemuk di dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener banget mas hendrik. Negara indonesia ini di karunia, atas banyak hal, Sumber daya alam yang melimpah, kebudayaan yang banyak, keanekaragaman agama, dan suku. namun, sayang oknum-oknum telah merugikan indonesia, dan membuat citra indonesia di mata dunia semakin menurun karena banyaknya hal negatif belakangan ini tentang indonesia.

      Hapus
    2. Saya harap Mas Dimas segera mewujudkan Kabinet Yang Muda Yang ..., Saya pasti mendukung Mas. hehe

      Hapus
  4. makin bangga gan !! jadi orang indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan, dan saya semakin bangga jadi orang islam

      Hapus
    2. Saya juga bangga menjadi seorang muslim yang terlahir di Indonesia tercinta... :)

      Hapus
  5. sejak dulu saya bangga menjadi orang indonesia ...

    BalasHapus
  6. kalau adzan gimana mas ? jaura apa tidak, pengumandang adzan terbanyak di dunia, jadi kita termasuk penahan lajunya kiamat dong, kan selama masih ada adzan kiamat belum datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow ya mas agus, tepat sekali. mohon maaf saya nggak memasukkan adzan, tapi setidaknya mas agus telah menambahkannya di artikel ini, makasi mas.

      Hapus
  7. subhannalloh luar biasa ternyata juga di indonesia penuh keunikan ya mas

    BalasHapus
  8. Aku Bangga sebagai Warga negara Indonesia Mas ... makasih atas informasinya mas ... :)

    BalasHapus
  9. Baru tahu juga kalau Indonesia ternyata memiliki keunggulan sebagai penghapal alquran tertinggi bahkan hingga 30 ribu orang dan saya rasa ini sangat luar biasa, saya yakin dg banyaknya para penghapal alquran ini mudah^an Indonesia akan terjaga dan selalu dilindungi Allah dari bencana...amiin..
    postingan yg sangat berguna sekali sobat, banyak yg saya dapat dari membaca artikel ini, terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak, saya turut berbahagia, masyarakat indonesia sebagian taat beragama

      Hapus
  10. wow,,,,ternyata ada makam mewah,,,,,
    trimakasih dah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya may, hebat makam aja mewah bener

      Hapus
    2. Benar sobat, mari kita jaga dan pelihara akidah kita agar bangsa kita yg mayoritas islam bisa menjaga akhlakul karimah dan menghilangkan sifat korupsi, dan mari kita bina kehidupan ini dg kasih dan sayang, saling memberi saling mengerti dan saling berbagi

      Hapus
  11. baru tau saya indonesia punya keunikan juga :)
    thanks sudah berbagi ilmunya :D

    BalasHapus
  12. "Indonesia merupakan Penghafal Al-qur'an terbanyak Di dunia" semoga nggak cuma dihafal aja tapi juga diamalkan.. amiin..

    BalasHapus
  13. hidup indonesia, maju terus

    BalasHapus
  14. kapan ya aku bisa menghapal alquran,,? maju terus indoensia

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nggak dicoba kapan bisanya mas hehe...

      Hapus
    2. iya sih mas , masih tahap belajar

      Hapus
  15. Bangga dengan semua serba serbi Islam dan keunikan yang ada di Indonesia...

    BalasHapus
  16. Masjid istiqlal...masih menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas Budi, luar biasa yah perlu bangga juga kita :)

      Hapus
  17. wah bangga nih Tempat pemakaman mewah di Indonesia ada di tempat tinggal ane gan :D di karawang :p emang keren tuh tempat pemakaman :p

    BalasHapus
  18. wah hebat ya penghapal Al Quran terbanyak dari Indonesia...
    memang berbanding lurus dan memang sudah seharusnya karena muslimnya pun terbanyak di dunia, tapi tetap saja itu adalah hal hebat yg harus diapresiasi

    BalasHapus
  19. wow luar biasa yah mas Dimas, Indonesia memang tidak kalah dari negara lain di dunia ini, luar biasa deh pokoknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong indonesia emang luar biasa

      Hapus
    2. pastinya dong.. indonesia gitulohh :)

      Hapus
  20. Saya salut dengan seniman muslim yang berhasil memahatkan kaligrafi 30 juz..sama saja alqur'an dalam seni pahat subhanallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga salut.. hebat kan seniman muslim indonesia

      Hapus
  21. memang bener mas.
    kita juga patut bangga dan beruntung. Saya pernah liat muslim di eropa sana yg sangat susah dalam berdakwah islam.
    *btw agak keluar jalur ni komeng :P

    BalasHapus
  22. subhanallah, semoga tambah lah orang orang muslim yang benar benar bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara amin

    BalasHapus
  23. subhanallah, hebat banget tuh yang 10 saudara penghafal al-qur'an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas hebat banget yah mereka, daya ingatnya luar biasa, kagum saya :)

      Hapus
  24. Subehanaullah... :)
    http://center60.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. Wah Kaligrafi 30 Juz Al-quran terbesar di dunia ternyata ada di Indonesia, luar biasa yah mas :)

    BalasHapus
  26. kaligrafi terbesarnya bagus banget,
    oiya mas folback ya kalo ga keberatan :)

    BalasHapus
  27. Ishma jadi terharu..
    Bahkan sebagai seorang Muslim ada beberapa yang Ishma baru tau..

    BalasHapus
  28. yang kaligrafi itu keren yah , subhanalloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob kaligrafi terbesar ternyata ada di Indonesia, keren banget :)

      Hapus
  29. semuanya menjadi fakta yang membuktikan indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak yang kuat

    BalasHapus
  30. saya paling suka Kaligrafi 30 Juz Al-qurannya selain terbesar didunia juga terlihat indah jadi seneng liatnya apalagi dari dekat yah sob :)

    BalasHapus
  31. keren.. infonya unik dan sangat bernuansa islami yang di indonesia.. mantap dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas Andes artikel yang unik dan bernuansa Islami yang ada di Indonesia saya juga banyak tahu dari blognya AAI ini, sangat bermanfaat :)

      Hapus
  32. Wahhh saya bangga terlahir sebagai muslim sekaligus terlahir di bumi pertiwi ini. Ternyata banyak sekali yang dapat kita banggakan dari Tanah air kita tercinta ini. Ohh yaa saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri bagi yang merayakan. Bagi yang tidak, selamat berlibur saja.

    BalasHapus
  33. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta,ada kekayaan jiwa.
    Kehidupan ini akan terasa indah bila ada ma’af
    Taqobalallohu minna wa minkum
    Syiamana wa syiamakum

    BalasHapus
  34. Selamat Hari Raya Idul Fitri yah mas Dimas
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin :)

    BalasHapus
  35. minal adizin ya mas :)
    kemana aja jarang nongol diblog saya :p

    BalasHapus
  36. wah gak bisa ngomong apa2 jadinya setelah melihat semua yang diatas, thank ms udah share

    BalasHapus
  37. Tulisan yang menarik
    Saya ngajak anda gabung di Tanyain.com
    Disana anda bisa buat tulisan menarik, promosikan blog, dan berteman dengan sesama pengguna :)

    BalasHapus
  38. indonesia sangat luarbiasa yaa.. sangat bangga menjadi wag indonesia dan menjadi muslim sejati

    BalasHapus
  39. Tapi sayang sekali jumlah kita yang banyak, mudah diadu domba. Mari bersatu.

    BalasHapus
  40. bangga jadi bangsa indonesia

    BalasHapus
  41. subhanalloh, semoga Indonesia menjadi negara yang senantiasa dirahmati Alloh SWT, Aamiin

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini