English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi maupun lautan. Di indonesia, banyak terdapat jembatan, Berikut ini 5 Jembatan terpanjang yang terdapat di Indonesia :



1. Jembatan Suramadu (5.438 m)
 

Jembatan terpanjang di Indonesia yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dengan Pulau Madura ini memiliki panjang 5.483 m dan lebar sekitar 30 m Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang nomor 3 di Asia Tenggara.

Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.



2. Jembatan Pasupati (2.147 m)
 


Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati adalah sebuah jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung

Jembatan yang menjadi ikon baru kota Bandung ini memiliki panjang 2147 m dan lebar 21,53 m. Jembatan ini dapat mengatasi kemacetan yang sering melanda daerah tersebut. Pembangunan jembatan ini dibiayai melalu hibah dana dari pemerintah negara Kuwait.



3. Jembatan Siak (1.196 m)
 

Jembatan Siak merupakan jembatan yang menghubungkan Ibukota Kabupaten Siak dengan daerah kabupaten di sekitarnya. Pembangunan jembatan ini bertujuan untuk mempermudah akses transportasi menuju ibukota kabupaten Siak yang selama ini harus mempergunakan kapal feri atau speed boat. Jembatan ini terletak di Ibukota Provinsi Riau.

Jembatan ini memiliki panjang 1196 m dan panjang 16,95 m. Hal unik yang terdapat di jembatan ini yaitu di puncak tiang jembatan ini terdapat restoran. Di dalam restoran tersebut kita dapat melihat pemandangan kota Riau yang mempesona.


4. Jembatan Ampera (1.117 m)
 

Jembatan ini terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini menyebarangi Sungai Musi, Jembatan ampera didesain oleh arsitek dari jepang. Peresmian pemakaian jembatan dilakukan pada tahun 1965, sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama jembatan.

Pada saat itu, jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Asia tenggara. Setelah terjadi perubahan politik pada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno sangat kuat, nama jembatan itu pun diubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat).


5. Jembatan Barito (1082 m) 

 


Jembatan Barito adalah jembatan yang menghubungkan tepi barat sungai Barito (Kecamatan Anjir Muara) dan tepi timur Sungai Barito di (Kecamatan Alalak dekat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter.

Jembatan ini terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter, dan jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10,37 meter. Merupakan akses jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya dan sebaliknya. Ketinggian ruang bebas jembatan utama 15 - 18 meter, sehingga bisa digunakan untuk lalu lintas perairan.



Demikian 5 Jembatan terpanjang di indonesia, semoga bermanfaat.
Description: Jembatan Terpanjang di Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Jembatan Terpanjang di Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Senin, April 08, 2013

29 komentar :

  1. dan baru jembatan Suramadu yang pernah saya kunjungi. :D

    BalasHapus
  2. kelimanya belum pernah mamang kunjungi.... panjang - panjang ya

    BalasHapus
  3. Waah, keren Mas. Sayang nie belum ada satupun dari jembatan tersebut di atas yang pernah saya kunjungi. Meski saya orang Jawa Timur, belum sempat sekalipun mengunjungi Suramadu. hehe

    BalasHapus
  4. terima kasih teman-teman komentarnya, kalau saya sebagai orang jawa dan tinggal di sumatera , telah melewati jembatan siak , jembatan ampera, dan jembatan pasupati, bener-bener bagus dan terawat.

    BalasHapus
  5. wah 5 jembatan super yah sob,,,syg maren pas di jatim ane gk berkunjung ke sura madu

    BalasHapus
  6. ternyata jembatan Suramadu yg terpanjang ya di Indonesia, tpi blm pernah kesana xixiii... pengen deh bisa liat jembatan yg terpanjang di Indonesia

    BalasHapus
  7. suramadu.. hahay enak yah disana kalo malam hari suasananya..
    enjoyyy.. :D

    BalasHapus
  8. Wah...ternyata jembatan suramadu terpanjang yah? hebat si admin, sempat2nya ngukur jembatan di indonesia :)

    BalasHapus
  9. perampokan bank makin marak, baca di Perampokan Bank di Eropa
    mohon bantuannya :D

    BalasHapus
  10. ha..ha...
    sama kayak kebanyakan agan-agan yang coment, aku juga belum pernah nyobain satupun tu jembatan, tapi suatu saat aku pasti akan ke semua jembatan itu :D Thanks infonya mas..

    BalasHapus
  11. wah ternyata jembatan suramadu adalah jembatan terpanjang nomer 3 di asia tenggara. gak nyangka

    BalasHapus
  12. selamat pagi sobat,,,hadir kembali untuk baca info dimari

    BalasHapus
  13. Wah panjang bener ya jembatan nasional suramadu. Uniknya dari jembatan ini adalah menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan. Jadi gak bentrok dengan mobil atau truk.

    Keren lah suramadu bridge ini! :)

    BalasHapus
  14. wuih... keren, jembatan palembang masuk hahah :

    BalasHapus
  15. Wow, mantaps. Pengen tuh ke Jembatan Suramadu,. kunjungan balik dari MD gan,.

    BalasHapus
  16. informasi berguna.. saya belum pernah pergi ke indonesia..

    BalasHapus
  17. Indah,, Maksih kawan..
    :(

    BalasHapus
  18. wuiih itu yang no dua keren juga yaah.
    saya kok belum pernah liat langsung yaah.

    BalasHapus
  19. Indonesia ternyata jg punya banyak jembatan panjang ya,...
    makasih infonya sob,.. :)

    BalasHapus
  20. Ooo...memang bener ya soB Ampera itu kepanjangannya 'Amanat Penderitaan Rakyat' ?

    BalasHapus
  21. thanks gan info nya menarik sekali dan bermanfaat
    share terus info menarik lainnya semoga sukses terus

    BalasHapus
  22. terimakasih infonya menarik dan bermanfaat sekali
    serta menambah wawasan,semoga sukses terus
    dan update terus info menarik lainnya

    BalasHapus
  23. keren artikelnya
    menarik banget untuk d baca
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  24. artikelnya menarik dan bermanfaat
    share terus info lainnya
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  25. terimakasih atas informasi yang telah di bagikan .
    di tunggu informasi -informasi selanjutnya

    BalasHapus
  26. terimakasih atas informasinya
    sukses terus

    BalasHapus
  27. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini