English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pemain Sepakbola Naturalisasi Indonesia

Naturalisasi adalah proses perubahan status dari penduduk asing menjadi warga negara suatu negara. Proses ini harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dalam peraturan kewarganegaraan negara yang bersangkutan. 

 Hukum naturalisasi di setiap negara berbeda-beda. Di Indonesia, Seseorang warga asing bisa di naturalisasi jika sudah 5 tahun tinggal di indonesia, memiliki keluarga asal indonesia, Menikah dengan warga negara indonesia. Berikut ini pemain sepakbola  yang telah di naturalisasi menjadi warga negara indonesia :


1. Kim Kurniawan



Kim Jeffrey Kurniawan lahir di Mühlacker, Jerman, 24 Maret 1990, Kim merupakan salah satu pemain yang di naturalisasi oleh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh indonesia). Ia mempunyai garis keturunan Tionghoa-Indonesia dari sang Ayah. Kakeknya berasal dari indonesia, Kwee Hong Sing tercatat pernah membela Persija Jakarta dan juga Tim nasional sepak bola Indonesia di era 1950-an. 

Saat ini Kim Kurniawan bermain di klub Persema Malang, Kim menjalani debut tim nasional indonesia di turnamen An-Nakbah ketika melawan tim nasional Palestina pada tanggal 15 mei 2012.


2. Raphael Maitimo


 
Raphael Guillermo Eduardo Maitimo lahir di Rotterdam, Belanda, 17 Maret 1984, Raphael Maitimo lahir dan besar di negeri Belanda dari orang tua keturunan Minangkabau, Indonesia

Pemain dengan tinggi badan 180 cm dan berat 77 kg itu menempati posisi gelandang dalam tim-nya. Saat ini Maitimo bermain di klub ISL, yakni Mitra Kukar. Maitimo menjalani debut membela tim nasional indonesia ketika melawan Laos di turnamen AFF Cup, ketika itu Maitimo mencetak gol di laga debutnya bersama Timnas menimbulkan rasa bangga pada diri Raphael Maitimo.


3.  Diego Muhammad bin Robbie Michiels


Diego Michiels lahir di Deventer, Belanda, 8 Agustus 1990, Diego Michiels adalah pemain keturunan Indonesia - Belanda. Ayahnya, Robbie Michiels, berasal dari Jakarta dan pernah menetap di Jayapura sampai tahun 1962. Diego juga masih memiliki darah Timor yang diturunkan dari neneknya. 

Sedangkan sang ibu, Annet Kloppenburg adalah warga negara Belanda. Diego meniti karier bola di klub amatir, RDC Deventer, kemudian direkrut Go Ahead Eagles untuk tim junior. Penampilan perdana sebagai starter 11 pada 20 November 2009 lawan MVV. Saat ini, Diego bermain di klub Sriwijaya Fc.


4.  Tonnie Cussel


 

Tonnie Harry Cusell Lilipaly lahir di Amsterdam, Belanda, 4 Februari 1983, tonnie cussel merupakan keturunan indo-belanda, karena  Keluarga ibunya berasal dari Indonesia

Ibunya juga lahir di Indonesia, Tonnie saat ini bermain di liga sepak bola Belanda Divisi 3, Topklasse. Sejak tahun 2011, ia bermain untuk klub GVVV yang bermarkas di Veenendaal, Utrecht, Belanda. Tonnie Cusell menjalani debut bersama Timnas indonesia ketika melawan Timnas Timor Leste pada 14 November 2012.


5. Christian Gonzales

 

 Cristian Gérard Alfaro Gonzáles lahir di Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976, Gonzales telah 4 kali meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Indonesia dan telah mencetak 173 gol. 

Sebelumnya, ia merupakan warga negara Uruguay, namun sejak 1 November 2010, ia resmi menjadi warga negara Indonesia, karena Gonzales telah menikah dengan wanita indonesia dan telah lama tinggal di indonesia. Saat ini ia bermain untuk Arema Indonesia dan sejak 21 November 2010 juga bermain untuk tim nasional Indonesia.



6.  Greg Nwokolo

 

 Gregory Junior Nwokolo lahir di Enugu, Nigeria, 3 Januari 1986 adalah seorang pesepakbola profesional yang berasal dari Nigeria yang telah menjadi warga negara Indonesia, karena greg sudah lama tinggal di indonesia, sehingga bisa menjadi warga negara indonesia.

Saat ini dia bermain untuk Arema Indonesia (ISL). Greg tidak memiliki catatan bahwa ia telah terlibat di setiap pertandingan untuk tingkat junior atau senior di Tim Nasional Sepakbola Nigeria. Greg melakukan debut untuk tim nasional sepak bola Indonesia di Kualifikasi Piala Asia AFC 2015 melawan Saudi
Arabia
pada tanggal 23 Maret 2013.


7.   Serginho van Dijk


 Sergio van Dijk lahir di Assen, Belanda, 6 Agustus 1982 adalah pemain sepakbola Indonesia keturunan Belanda. Saat ini Van Dijk Bermain untuk Persib Bandung di Indonesia super league


Van dijk merupakan pencetak gol terbanyak musim 2010-11 di A-League dan mencatatkan namanya sebagai top skor paling produktif. Ia berstatus sebagai Warga Negara Indonesia setelah di naturalisasi pada tanggal 19 Juli 2010, karena kakek dan neneknya berasal dari Indonesia, maka memudahkan proses naturalisasi. Van Dijk melakukan debut melawan Arab Saudi pada tanggal 23 Maret 2013.


8.  Stefano Lilipaly


Stefano Janite Lilipaly lahir di Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990, Saat ini bermain di klub Almere City di Eredivisie. Lilipaly telah menjadi warga negara indonesia  karena Ayah-nya Ron Lilipaly merupakan orang Indonesia, memudahkan lilipaly menjadi warga negara indonesia, sementara ibunya Adriana adalah warga negara Belanda.


9.  Victor Igbonefo


Victor Chukwuekezie Igbonefo lahir di Enugu, Nigeria, 10 Oktober 1985 adalah seorang pemain sepak bola Nigeria yang menjadi Warga negara Indonesia pada tanggal 10 Oktober 2011, setelah tinggal di indonesia lebih dari 5 tahun, sehingga bisa menjadi warga negara indonesia

Igbonefo saat ini bermain untuk Arema Indonesia, Berposisi sebagai bek tengah. Ia melakukan debut untuk tim nasional sepak bola Indonesia pada 23 Maret 2013 melawan Arab Saudi dalam ajang Pra Piala Asia 2015.


10.  John van Beukering

 

 Jhon "Jhonny" van Beukering lahir di Velp, Gelderland, 29 September 1983, meskipun pernah beberapa kali bermain untuk Timnas Junior Belanda, van Baukering ingin mewujudkan impian sang kakek, menjadi pemain tim nasional indonesia, karena sang kakek berasal dari indonesia. Menjadi motivasi John van Beukering membela Tim Nasional  Indonesia.

Striker bertubuh gemuk ini ingin membanggakan almarhum kakeknya, bermain untuk timnas senior indonesia, sehingga ia setuju saat Tim nasional sepak bola Indonesia memintanya untuk menjadi warga negara Indonesia. Pengucapan sumpah menjadi warga negara indonesia dilakukan pada 10 Oktober 2011, sehingga dia sudah memenuhi syarat untuk bergabung dengan Tim nasional sepak bola Indonesia

Debut pertama resmi dengan Timnas Indonesia adalah ketika mereka menantang Timor-Leste di Stadion Gelora Bung Karno November 14, 2012. Dia memberi assist untuk Bambang Pamungkas mencetak satu-satunya gol dalam permainan.


Demikian 10 pemain naturalisasi indonesia, Menjadi warga negara indonesia itu tidaklah semudah yang di bayangkan. Harus 5 tahun tinggal di indonesia tanpa pulang ke negara asalnya, atau menikah dengan orang indonesia, dan mempunyai garis keturunan keluarga yang berasal dari indonesia. Untuk itu, kita harus menghargai kemauan mereka yang ingin menjadi warga negara indonesia
Description: Pemain Sepakbola Naturalisasi Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Pemain Sepakbola Naturalisasi Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Jumat, April 12, 2013

19 komentar :

  1. semua pemain belanda ternyata masih punya darah keturunan orang indo. pantesan betah di indo..hehehhe
    Informasinya lengkap...top markotop

    BalasHapus
  2. Keren-keren semua, tapi Christian Gonzales menurut saya yang paling ajib. Terbukti sampai sekarang masih produktif membobol gawang...lawan, walau umur sudah berumur! :D

    Btw, irfan bachdim gak masuk list ya bro! Kan lumayan oke tuh anak, apalagi istrinya. Hahahaha.. | Trus harusnya saya masuk dong bro, jangan salah saya pemain naturalisasi loh.... dari perbatasan papua nugini sana, makanya gak ada yang kenal! Haha :D


    Mantab postingan nya bro! Sekalian promosi ya bagi yang mungkin belum nonton : mau liat Indonesia di Piala Dunia 2014? Jangan lupa nonton "HARI INI PASTI MENANG" di apotik2 terdekat. MERDEKA! :)

    BalasHapus
  3. aku naksir Kim , manis dan aha

    hehe

    BalasHapus
  4. pemain belanda banyak yg ke indonesia yah mas , apa krna mngkin dlunya pernah d jajah belanda jdi bnyak kturunan indonesia nya :D

    BalasHapus
  5. baru tau syarat naturalisasinya seperti itu.pernah terbesit enak aja orang luar main di Indonesia....ternyata ada syaratny.saya kenal hnya diego dan gonzales hehehe.

    BalasHapus
  6. owh, trnyata yg pemain bule2 itu ad kturunan indonesia toh mka ny boleh main,, sy prnah ngira sm kyk amri, kok org luar yg main bwt indonesia, kyk anak negeri gak ada yg lebih bisa aj, hahaha.
    nice info :D

    BalasHapus
  7. keren pokonya infonya mas, terimakasih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
  8. Yang nomor 8 kok gak ada wajah naturaliasinya ya. hehe

    BalasHapus
  9. yang no 8 kayak warga indonesia asli gk mirip bule'....

    BalasHapus
  10. ternyata ada darah indonya yah

    BalasHapus
  11. ternyata banyak juga yah pemain sepak bola Naturalisasi Indonesia, coba klo 1 lagi Kang, pas sebelas kan xixii, jdi deh 1, jdi pas 11 orang hehehe...

    BalasHapus
  12. wow gonzales pencetak gol terbanyak di Indonesia, salut sama om yang satu ini. :D

    BalasHapus
  13. semoga pemain-pemain naturalisasi bisa bermanfaat dan memberikan tim nasional indonesia prestasi ya sobat-sobat

    BalasHapus
  14. semoga pemain2 naturalisasi indonesia ini lebih berpotensi, makin lihay dan rajin membobol gawang

    BalasHapus
  15. karena saya tidak tau banyak tentang bola jadi nyimak aja mas

    BalasHapus
  16. Keep fight utk persepakbolaan Indonesia, yakinlah Indonesia adalah bangsa besar, cepat/lambat kita pasti memiliki prestasi besar di mata dunia.

    Saya Eduard, memiliki saudara sepupu di Belanda. Dia pemain sepakbola klub Belanda. Dia lahir dan besar di Belanda. Dia berminat ingin bermain dan mendukung persepakbolaan Indonesia, baik Timnas maupun Klub-klub Sepakbola Indonesia.

    Pertanyaannya, bagaimana caranya untuk naturalisasi saudara saya tersebut?

    Bisa hub hp sy di: 081315492818 (Eduard)

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini