English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pasukan Khusus Indonesia

 Pasukan khusus atau pasukan operasi khusus adalah satuan militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja secara mandiri, siluman, dengan kecepatan tinggi, dan dengan kerja sama yang dekat. 

Proses seleksi masuk pasukan khusus sangat sulit, dan biasanya pelatihannya melebihi dua tahun. Beberapa misi juga membutuhkan pelatihan sendiri. Karena tugas pasukan khusus biasa secara diam-diam dan berhubungan dengan informasi rahasia, para calon anggota pasukan khusus diharuskan melewati proses pengujian yang berat, yang memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Berikut ini 7 Pasukan khusus yang dimiliki indonesia :


1. Korps Brimob


Brimob termasuk satuan elit dalam jajaran kesatuan Polisi republik Indonesia, Brimob juga tergolong ke dalam sebuah unit paramiliter ditinjau dari tanggung jawab dan lingkup tugas kepolisian. Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah unit (korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru.



2. Densus 88 Antiteror
 

Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mengatasi teroris di Indonesia. Detasemen 88 dirancang sebagai unit anti teroris yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan.



3. Batalyon Raider  

Batalyon Raider adalah satuan batalyon pasukan elit infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI). Raider adalah kualifikasi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dilatih untuk menguasai 3 kemampuan. Kemampuan tersebut adalah:

1. Kemampuan sebagai pasukan anti-teroris untuk pertempuran jarak dekat.
2. Kemampuan sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi.
3. Kemampuan untuk melakukan pertempuran-pertempuran berlanjut (panjang).


4. Kostrad Tontaipur
   

Peleton Intai Tempur (Tontaipur) merupakan satuan elite Kostrad terbaru, diresmikan pada tanggal 4 Agustus 2001. Setelah latihan secara intensif selama lima bulan, 97 pasukan yang diseleksi dari Brigade Infantri 9 dan Brigade Infantri 13 Kostrad menjadi prajurit-prajurit pertama satuan elite ini.

Sesuai kualifikasinya, Tontaipur akan diterjunkan untuk misi pengintaian jarak jauh ke wilayah musuh dan melakukan penghancuran terhadap sasaran-sasaran penting. Diantara perlengkapan yang dibawa, mereka akan dibekali senapan serbu khusus berikut teropong bidik malam (NVG, night vision goggle). Tiap personel Tontaipur ini memiliki kemampuan operasi sekaligus di tiga matra, yakni di darat, laut, dan udara.



5. Paskhas TNI-AU
 
Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau, Paskhas atau sebutan lainnya Baret Jingga), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI-AU. Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra: laut, darat, udara. Dalam operasinya, tugas dan tanggung jawab Paskhas lebih ditujukan untuk merebut dan mempertahankan pangkalan udara dari serangan musuh, untuk selanjutnya menyiapkan bagi pendaratan pesawat. Kemampuan ini disebut dengan Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD).


6. Kopaska TNI-AL





Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan Kopaska didirikan 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Satu grup di Armada Barat di Jakarta, dan satu grup di Armada Timur di Surabaya. Tugas utama mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi.


7. Kopassus TNI-AD
 


Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. 


Prajurit Kopassus dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto Berani, Benar, Berhasil. Kopassus TNI-AD merupakan Pasukan khusus peringkat ke 3 terbaik di dunia, karena prestasi dan kemampuan dalam bertempur yang baik.


 Demikian 7 Pasukan khusus yang di miliki Indonesia, semoga bermanfaat.
Description: Pasukan Khusus Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: Pasukan Khusus Indonesia
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Kamis, April 11, 2013

25 komentar :

  1. ternyata banyak juga pasukan khusus, kirain cuma kopasus aja mas.

    BalasHapus
  2. Densus 88 cool bener ya! Pakaiannya biasa-biasa saja, tapi tugas nya luar biasa : me-luarbinasa-kan teroris. :D

    BalasHapus
  3. saya hanya berharap, semoga pasukan khusus indonesia memang diperuntukkan untuk mempertahankan negara indonesia dari serbuan negara lain,
    dan bukan digunakan untuk menyerbu penjara

    BalasHapus
  4. Salut buat tentara Indonesia yang sudah mengabdikan diri demi bangsa dan negara walau kadang harus meninggalkan keluarga dengan taruhan nyawa untuk membela bangsa. Semagat!

    BalasHapus
  5. wah, ternyata banyak macam jg ya Polri dan TNI itu. tetapi salut bwt mereka yg sudah berani mempertahankan negara dgn mempertaruhkan nyawa.

    BalasHapus
  6. Semoga sesama pasukan khusus tidak terjadi adu senjata, tapi bahu membahu untuk memerdakan jiwa dan bangsa. Salam Indonesia

    BalasHapus
  7. semoga pasukan khusus Indonesia makin jaya... gagah - gagah dan badannya tinggi- tinggi seperti mamang heheh

    BalasHapus
  8. Sukses buat pasukan khusus Indonesia untuk menjaga kedaulatan NKRI.

    BalasHapus
  9. Semoga TNI beserta Polri tambah Kuat dan Kokoh dalam Menegakkan kedaulatan negara, Mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan Melindungi segenap rakyat tumpah darah bangsa dan negara Indonesia.

    BalasHapus
  10. semoga denga pasukan khusus yang dimiliki negara bisa aman damai dan sentosa gan

    BalasHapus
  11. wah... hebat and org2 terpilih semua... merdeka!!

    BalasHapus
  12. batalyon di kotaku kebetulan lokasinya di kampungku.. mereka tegas banget, waktu aku lewat plg sekolah dikira patung dia, kayak patung cuma diem bawa senjata di portal ahaha. paling kalo lagi latihan denger aja suara pistolnya.

    KEREN !!.

    BalasHapus
  13. wah bangga juga jadi orang indonesia

    BalasHapus
  14. Hebat banget prajurit-parjurit Indonesia ini ya sob....

    BalasHapus
  15. hebat yah pasukan gencatan senjata indonesia, musuh menyerang siap menerjang :D
    keren mas, gagah perkasa.

    BalasHapus
  16. keren,,
    maju terus INDONESIAKU.. :)

    BalasHapus
  17. saya suka gayanya Densus 88..
    kayak di game counter strike :D

    BalasHapus
  18. Waduh klo pasukan pengusir setan ada nggak bro... dimuat dong hehehe...

    BalasHapus
  19. Wawww... hebat2 tentara indonesia :D Wkwkwk... apa lagi yang kopassus :D

    http://aldizavr.blogspot.com

    BalasHapus
  20. salam kenal sobat..
    Semoga pasukan2 khusus tersebut mampu melindungi NKRI ini

    BalasHapus
  21. gagah gagah anggota keselamatan negara kita,

    BalasHapus
  22. wah mantap gan :D

    visit blog ku kawan :D
    Game Paradise

    BalasHapus
  23. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini