English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

IKON JAKARTA

Sabtu, 22 Juni 2013, Jakarta kini sudah berusia 486 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, ada beberapa Patung, bangunan dan transportasi yang menjadi ikon di Jakarta kini. Kalau ke Jakarta tetapi belum melihat ikon ini, maka belum lengkap rasanya jalan-jalan di Jakarta. Berikut ikon Jakarta versi ALL ABOUT INDONESIA :


1.    MONAS


poto by : Google

Jakarta identik dengan Monumen Nasional (Monas). Monumen Nasional yang terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, dibangun pada dekade 1961an.   Tugu Peringatan Nasional dibangun di areal seluas 80 hektar. Tugu ini diarsiteki oleh Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno, mulai dibangun Agustus 1959, dan diresmikan 17 Agustus 1961 oleh Presiden RI Soekarno. 

Monas resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.   Pembangunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terbangkitnya inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang. 

 ( sumber : Wikipedia Indonesia)


 2.   Gedung MPR/DPR/DPD



Gedung MPR/DPR/DPD didirikan pada 8 Maret 1965. Saat itu, Presiden Soekarno mencetuskan untuk menyelenggarakan CONEFO (Conference of the New Emerging Forces) yang merupakan wadah dari semua New Emerging Forces. Anggota-anggotanya direncanakan terdiri dari negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin, negara-negara Sosialis, negara-negara Komunis, dan semua Progresive Forces dalam kapital.

 Gedung MPR/DPR/DPD terletak  dalam wilayah Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebelah barat berbatasan dengan Jalan Gelora, sebelah selatan dengan Kompleks Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kompleks Televisi Republik Indonesia (TVRI), dan Komplek Taman Ria Senayan, di sebelah timur berbatasan dengan Jalan Gatot Subroto, dan Kompleks Kementerian Kehutanan (Gedung Manggala Wanabakti) di sebelah utaranya.


Sumber :  Wikipedia Indonesia 


 3.  Transjakarta

Busway TransJakarta memiliki jalur sendiri

 Transjakarta atau umum disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, Indonesia. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Meskipun Busway di Jakarta meniru negara lain (Kolombia, Jepang, Australia), namun Jakarta memiliki jalur yang terpanjang dan terbanyak.


sumber : wikipedia indonesia




4.    Stadion Gelora Bung Karno


sumber poto : www.skyscrapercity.com

Stadion Gelora Bung Karno dibangun pada tanggal 8 Februari 1960 sebagai kelengkapan sarana dan prasarana dalam rangka Asian Games 1962 mulai buka diresmikan sejak pada tanggal 24 Agustus 1962 yang diadakan di Jakarta.  

Pembangunannya didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958. Kapasitas sebelumnya, 100.000 tempat duduk, setelah renovasi berkurang menjadi 88.083 tempat duduk. Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, presiden Republik Indonesia pertama.

Sumber : wikipedia indonesia 



 5.  Museum Fatahillah

Sumber poto : Museum Jakarta
Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi. Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn

Bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.


sumber : wikipedia indonesia



6.    WISMA BNI 46 


  
Wisma 46 adalah bangunan tertinggi di Indonesia , tingginya mencapai 262 m yang terletak di komplek Kota BNI di Jakarta Pusat, Indonesia. Menara perkantoran bertingkat 46 ini selesai tahun 1996 yang dirancang oleh Zeidler Roberts Partnership (Zeidler Partnership Architects) dan DP Architects Private Ltd. Menara ini terletak di sebuah tanah seluas 15 hektar di pusat kota. 

Menara ini memiliki luas 140,028 m². Wisma 46 adalah bangunan tertinggi ke-147 di dunia bila dihitung hingga puncak. Juga bangunan tertinggi kedua di belahan Bumi Selatan.


Sumber : Wikipedia Indonesia 



7.    MASJID ISTIQLAL

sumber poto :  Gunawan Kartapranata

          Masjid Istiqlal adalah masjid yang terletak di pusat ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta. Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Sukarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban.

sumber Wikipedia Indonesia

8.   Gereja katedral
 
sumber poto : wonderful indonesia


Gedung gereja ini diresmikan pada 1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu. Gereja katedral ini terletak di Jl. Katedral No.7B Pasar Baru Sawah Besar Jakarta Pusat DKI Jakarta,  Indonesia.

 sumber : wikipedia indonesia



9.  BUNDARAN HOTEL INDONESIA - PATUNG SELAMAT DATANG




 Bundaran hotel indonesia dan patung selamat datang merupakan kebanggaan masyarakat Jakarta yang tidak pernah lelah menyambut dan mengucapkan selamat datang bagi para tamu pengunjung Ibu Kota Jakarta. Patung Selamat Datang menggambarkan dua orang pemuda-pemudi yang membawa bunga sebagai penyambutan tamu.
 
sumber : Justkardoman



 10.   TUGU TANI


Tugu Tani berada di taman segitiga Menteng ini dibuat pematung kenamaan Rusia bernama Matvel Manizer dan Otto Manizer. Patung ini dihadiahkan oleh pemerintah Uni Soviet pada saat itu kepada pemerintah Republik Indonesia sebagai manifestasi dari persahabatan kedua bangsa.

Tugu Tani dibuat dari bahan perunggu, dibuat di Uni Soviet dan kemudian didatangkan ke Jakarta dengan kapal laut. Diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1963 dengan menempelkan plakat pada voetstuk berbunyi “Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar”.

sumber : wikipedia indonesia 


 Selain sebagai pusat pemerintahan, Jakarta juga merupakan pusat bisnis dan keuangan. Jakarta terdiri dari berbagai macam suku bangsa: Jawa (35,16%), Betawi (27,65%), Sunda (15,27%), Tionghoa (5,53%), Batak (3,61%), Minang (3,18%), Melayu (1,62%), Lain-lain (7,98%). Juga terdapat beraneka ragam agama: Islam (83%), Protestan (6,2%), Katolik (5,7%), Buddha (3,5%), Hindu (1,2%). 


 Demikianlah artikel Ikon Jakarta, semoga bermanfaat 
Description: IKON JAKARTA Rating: 4.5 Reviewer: dimas bagus nugroho ItemReviewed: IKON JAKARTA
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Sabtu, Juni 22, 2013

83 komentar :

  1. MONAS sudah pasti menjadi 'ikon' yang paling dikenal masyarakat, bahkan sekalipun orang luar negeri. Btw, dirgahayu Jakarta yang ke-486 tahun. Semoga semakin menjadi ibukota negara yang makmur & sejahtera. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bang, Monas simbol jakarta dan indonesia. Semoga Jakarta semkain baik dalam pembangunan, Masyarakatnya semakin bagus dalam bertingkah laku, berkurang macetnya, banjirnya bisa diatasi, All the best buat jakarta.

      Hapus
    2. setuju mas...bahkan ada slogan yg mengatakan...
      belum syah bagi pendatang yg datang ke jakarta...kalo blm melihat monas....hehehe

      Hapus
    3. benar monumen nasional lah ikon jekate

      Hapus
    4. ngga beda jauh dengan icon desa cilembu yang terkenal dengan Ubi Cilembu nya, ngga apdol kalau kecilembu ngga beli ubi cilembu yang terkenal manis.....begitu pula kota jakarta ngga asik kalau ngga kemonas.....hebatkan saya?!

      Hapus
  2. Wah ...super lengkap , icon2 iitulah yang mengenalkan Jakarta kepada seluruh dunia. semoga akan menambah icon2 baru dan makin di cintai oaleh seluruh warga jakarta khususnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn mbak indah, semoga jakarta lebih baik ke depannya.

      Hapus
    2. warga indonesia jga pda umumnya

      Hapus
  3. "MASJID ISTIQLAL" mereka akan berkata "Indonesia " ketika mereka melihat gambar atau foto Masjid Istiqlal,hebatkan bro Indonesia hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah hebat kang, masjid terbesar se asia tenggara.. subhanallah luar biasa

      Hapus
    2. Iya kang kita juga harus bangga dengan ikon bangsa kita sendiri :)

      Hapus
    3. pastinya doonk,,Masjid Istiqlal geetooloh,,,

      Hapus
    4. Istiqlal thebest mosque from indonesia

      Hapus
  4. bemo gak ikut ikon jakarta ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow ya mas andes, saya lupa.. maaf. :D

      Hapus
    2. kerak telor...mesti menyusul....hehhe :)

      Hapus
    3. ngahaha.. ini saya usul bemo dulu mas bud. kerak telornya simpen kulkas dulu :)

      Hapus
  5. sangat bermanfaat... dari sekian I kon jakarta hanya satu yang aku sudah merasakan ada di sana trans jakarta dulu waktu baru satu koridor BlokM Kota, yang lainnya semoga lain waktu smepat mengunjunginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas djono, bus transjakarta harus di rawat dan di perbanyak, agar semua yang datang ke jakarta bisa merasakan naik bus transjakarta, aamiinn mas, jalan2 bersama keluarga pastinya sangat menyenangkan.

      Hapus
  6. ane belum pernah kejakarta...hal pertama yang pengen ane liat ---->> MONAS hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn, semoga bisa liburan ke monas ya sobat

      Hapus
  7. Jadi tahu nih sejarah mengenai bangunan yang ada di Jakarta, sangat bermanfaat untuk pengetahuan... makasih sob udah share :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama masbro, dirgahayu jakarta

      Hapus
  8. Monas ikon paling terkenal kayaknya. :)

    BalasHapus
  9. selain gedung2 yang kerap menjadi ikon nya...
    sarana angkutan transportasi menambah ciri juga akan wajah ibukota ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas budi, kita harus menjaga dan melestarikannya

      Hapus
  10. ikon jakarta yang paling utama itu hanya monas... titik.

    BalasHapus
  11. ikon jakarta banyak juga ya....
    kalau bukan karena artikel ini mungkin yang ada di benak ane cuman monas aja tu, thank ya mas infonya

    BalasHapus
  12. Belum pernah ke GBK Bung Karno nih.
    Semoga Jakarta bisa menjadi ibu kota kebanggaan kita ya, yang penting tetap optimis!

    BalasHapus
  13. aaminn, ya mbak, semoga saja gubernur jakarta sekarang, dan para walikotanya bisa merubah jakarta menjadi lebih baik

    BalasHapus
  14. belum berkesempatan untuk pergi ke indonesia.. nampak menarik senibina bangunannya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya akak, kalau holiday, visit jakarta with family. makasi akak

      Hapus
  15. waduh eta gedung MPR meuni bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. luar nya aja bagus tuh gedung, dalamnya sarang koruptor, hihi. makasi sobat komennya

      Hapus
  16. selamat malam sobat,saya sudah lama tidak ke jakarta sekitar 8 tahun yang lalu,keluarga saya di jakarta juga selalu mengharapkan kedatangan saya kesana,jadi kangen dengan monas,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah buruan datang mas ke jakarta, semoga lekas bertemu keluarga yaa.

      Hapus
  17. banjir dan macet juga jadi ikon kota jakarta gak sob? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. roda bemo ikut juga kan mas :)

      Hapus
    2. si doel anak sekolahan juga ikon jakarta :D

      Hapus
    3. masih kalah sama Ali Topan anak Metropolitan mas :) aku punya jaketnya lhoo *hehehe

      Hapus
  18. kalau lihat ikon di atas yang paling berkesan waktu mamang kerja di WISMA BNI 46 , membuat dinding yang dilapis plat besi, mungkin anti peluru soalnya di coba di tembak loh, katanya lantai itu untuk jaringan telekomunikasi ndak tau tuh lantai berapa mamang lupa lagi pokoknya lantai 15 ke atas dah soalnya agak lama di ruangan lift juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mang, saya pernah lewat dan menyaksikan tapi belum pernah masuk, wah dari luar aja tinggi banget apalagi didalam, wah hebat mang, anti peluru yaa, gile keren, baru tahu saya. makasi mang informasinya, saya jadi lebih tahu

      Hapus
    2. iya mas waktu perusahaan mamang ngesub kerjaan ke perusahaan Orang Jepang mamang cuma kuli yang masangnya, kebagian mengerjakan dinding dan rangka dinding itu platnya sekitar 2 mm berlapis, pertama plat 2mm terus gipsum 1cm, plat 2mm dan bagian luar gipsum 1 cm lagi yang lebih repot naikin plat ke lift heheeh... hehehe cadi curhat mamang heheeh...

      Hapus
  19. Haduh, gk kebayang deh kalau saya tinggal di Jakarta, betapa setresnya saya dijalan nanti? hehehehe..

    Saya pengen kunjung ke Kota Tua tuh, belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa mas, sumpek jakarta tuh :D tapi semoga saja, di bawah komando jokowi, jakarta berubah lebih baik

      Hapus
    2. keliling kota tua enakan pakai ojek sepeda mas hehehe

      Hapus
  20. Kirain cuma monas ... :D Ternyata masih banyak lagi yaa ... Oiya tambahan nih ... Ikon baru jakarta yaitu Jokowi .. :P

    Ijin follow mas ... :D Followback yah ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow ya bener banget mas, pejabat terbaik indonesia saat ini, joko widodo. oke siap, makasi mas nazar

      Hapus
  21. buat yng pertama ke jakarta pasti kalo ditanya, pasti monas yang kesebut duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget sobat.. monas identik pertama jakarta, setelah itu macet

      Hapus
  22. Ikon -ikon tersebut terutama monas yang membuat saya pengen banget ke jakarta. tapi stelah lama di mengenal jakarta, pengen balik pulang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa betul mbak, lebih enakan di tempat tinggal sendiri daripada di kota metropolitan yang semrawut

      Hapus
  23. wah banyak juga yah ikon jakarta ...gue baru tau bang heheh..maklum bukan org JKT


    jgn lupa komen back yeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa makasi sobat, okay, meluncur ke TKP

      Hapus
  24. jakarta oh jakarta...
    ditunggu kunjungan baliknya sob...

    BalasHapus
  25. kemacetan dan banjir nggak termasuk ikon jakarta gan ? hehe :D


    #salam terhangat dari Misterdhi

    BalasHapus
  26. untuk wisma BNI saya sudah sering liaht di youtube, sekarang saya tahu kenapa wisma BNI jadi salah satu kebanggan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget sobat,, keren banget gedungnya.

      Hapus
  27. kayanya yg nomor3 itu macet mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget sobat... semoga pak jokowi dan ko ahok bisa ngatasinya

      Hapus
  28. Ikon Jakarta sekaligus ikon Indonesia ya, mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget pak.. monas sudah identik dengan jakarta dan indonesia

      Hapus
  29. pengen ke gedung dpr, trus naro bom deh :D

    kunjung balik kawan ^^

    BalasHapus
  30. Friend, thanks for visiting my blog. we will meet in the World Cup.

    http://novajerusalemdecristo.blogspot.com.br/

    BalasHapus
  31. Walau Belum Pernah berkunjung ke Monas, tpi setidaknya ada informasi yg sangat berharga buat aku tentang Jakarta, makasih ya bang hehehee.... pengen ke Monaaaasss....... xixiiiii

    BalasHapus
  32. sangat bermanfaat informasinya... apalagi buat org2 di luar jakarta. salam kenal sob

    Toko Baju Online

    BalasHapus
  33. lengkap nih ikon nya, sayang ane belum semuanya berkunjung ke icon jakarta ini

    BalasHapus
  34. wah ibukota makin termasyur aja banyak iconnya sayangnya belum pernah kesana

    BalasHapus
  35. Saya baru tau kalo wisma BNI 46 itu gedung tertinggi bukan hanya di jakarta tapi di Indonesia.
    Gedung tinggi di Jakarta banyak sih jg ga tau kalo ada yg tertinggi.

    Selamat berkarya kawan dan sukses selalu dimanapun kita berada :)

    BalasHapus
  36. Free Traffic, No Surfing Required (25.000 Hits/Hari TANPA SURFING)

    Ada pepatah “Sekali dayung, 2 pulau terlampaui”. Didalam melakukan surfing untuk mendapatkan traffics/kunjungan saya menggunakan pepatah “SEKALI DAYUNG, 25 PULAU TERLAMPAUI”

    BalasHapus


Di baca terlebih dahulu sebelum berkomentar, silahkan berkomentar apa saja, saya tidak akan menghapus nya. tapi anda harus bertanggung jawab atas komentar anda.
Tenang sobat saya blogger yang baik hati dan mensupport sobat-sobat blogger dengan syarat :
1. sobat komentar di artikel ini, saya pasti komentar yang berbobot di blog sobat
2. Masukkan link sobat, jika mau komen di name/url, jangan nyepam dan pakai anonymus ya

Ada kesalahan di dalam gadget ini